Satgas Bansos Gelar Pembinaan Agen BPNT

oleh -
Para agen BPNT yang mengikuti pembekalan dan pendataan di GOR Cisaat oleh Satgas Bansos.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Satuan Tugas (Satgas)  Bantuan Sosial (Bansos)   menggelar pembinaan dan pendataan  agen komoditas pada program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bertempat di Gelangang Olahraga Cisaat, Kamis (31/10/2019). Pada kegiatan itu tidak kurang daripada 220 agen BPNT yang hadir sebagai peserta.

Salah satu mata acara dari kegiatan tersebut adalah permintaan laporan dari agen BPNT atas kinerjanya sampai dengan bulan Oktober 2019 di wilayah keagenan Kabupaten Sukabumi. Melalui laporan tersebut, Satgas Bansos akan mengetahui banyaknya  serapan BPNT dan keluarga penerima manfaat (KPM) yang mencairkan dana BPNT.  

Tampil sebagai narasumber tunggal pada pembinaan tersebut adalah Aipda Evi Heryanto, S.E., anggota Satgas Bansos dari unsur Polres Sukabumi. Dalam penjelasannya, Aipda Evi mengatakan, pada akhir tahun 2019 Satgas Bansos akan melaporkan penyerapan BPNT kepada instansi berwenang. Kegiatan pembinaan tersebut merupakan awal pendataan untuk bahan laporan.

Terkait pengadaan beras untuk program BPNT, jelas dia, Kementerian Sosial telah memutuskan harus menggunakan beras dari Bulog agar kualitasnya terjamin dan memenuhi standar. Beras dari luar Bulog, mutunya tidak terjamin.   

Anggota Satga Bansos dari unsur Polri, Aipda Evi Heryanto, S.E.

“Ke depan para agen ini harus selektif dalam menentukan komoditas beras yang dijual kepada KPM BPNT. Jangan sekali-kali menggunakan beras dari luar Bulog. Kami ingatkan, beras Bulog memiliki legalitas dan kualitas yang jelas,” kata Aipda Evi.

Kepada para agen BPNT, dia mengajak mereka untuk terus menjalin koordinasi dan sinergitas. Pembekalan dan pendataan yang digelarnya, ujar Aipda Evi, bertujuan untuk meningkatkan kerja sama Satga Bansos dengan agen BPNT.

“Saya juga minta para agen untuk melaporkan indikasi atau fakta penyimpangan di dalam program BPNT. Kita menginginkan program ini berjalan sesuai aturan dan ketentuan,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email