Kualitas Kepemimpinan Entis di Tugubandung Sudah Teruji Waktu

oleh -
Entis Sutisna

Artikel Opini, Nanang Setiana

Bagi warga Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, sosok Entis Sutisna sangat dikenal. Dia baru saja menunaikan kewajibannya sebagai Kepala Desa Tugubandung periode 2013-2019 dan sekarang maju lagi pada ajang Pilkades 2019 agar dapat melanjutkan pengabdian untuk periode 2019-2025.

Sejak menjabat kades pada 2013 hingga berakhirnya masa kepemimpinan tahun 2019, perjalanan Entis mulus dan nyaris tanpa hambatan. Dia lulus menjalankan tugas dengan meninggalkan jejak pembangunan infrastruktur berupa jalan, jembatan, irigasi, dan infrastruktur lainnya yang menunjang kehidupan dan aktivitas warga. Semuanya bermanfaat bagi warga Desa Tugubandung yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani dan pedagang.

Pada umumnya warga dapat merasakan program dan kegiatan pembangunan yang dijalankan oleh Entis selama mengabdi sebagai kades. Tidak ada yang meragukan kualitas kepemimpinan dan pengabdian Entis selama menjadi nakhoda di lingkungan Pemdes Tugubandung. Dia dikenal warga sebagai figur pemimpin yang tulus mengabdi dan ikhlas berkorban untuk rakyat.  

Kalangan penggiat sosial dan warga di Desa Tugubandung mengenal sosok Entis sebagai pribadi yang merakyat dan berjiwa sosial yang tinggi. Dalam berkomunikasi dengan masyarakat, Entis selalu menggunakan pendekatan persuasif sehingga terjalin hubungan silaturahmi yang kokoh dengan semua kalangan masyarakat, termasuk warga yang kurang mampu.

Entis tampil ke depan sebagai pemimpin berkadar ketulusan 24 karat dalam membela masyarakat dari kalangan uak dhuafa. Selain itu dia selalu menyempatkan diri untuk hadir pada acara-acara yang digelar oleh warga seperti musyawarah, pernikahan, khitanan, atau tahlilan.

Selama menjadi pemimpin di Desa Tugubandung, program dan kegiatan yang dicanangkan oleh Entis tidak pernah mendapatkan rintangan dan tidak  menimbulkan gejolak. Masyarakat selalu merasa aman, nyaman, dan terlindungi. Dia  juga selalu berupaya untuk menampung dan menyalurkan sebanyak-banyaknya aspirasi warga agar masyarakat merasa diperhatikan dan puas.

Dari kebersahajaan dan kejujurannya dalam menjalankan tugas, warga pun menilai jika Entis menggunakan Dana Desa (DD) dari APBN, Bantuan Keuangan dari Pemprov Jabar, dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemkab Sukabumi untuk kepentingan masyarakat dengan baik dan benar. Hasilnya masyarakat dapat menikmati program pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan pelayanan.

Di bawah kepemimpinan Entis, Desa Tugubandung terus berkembang dari desa yang asalnya terbelakang menjadi desa maju dengan segudang prestasi pembangunan. Warga selalu bersyukur atas hasil pembangunan yang dicapai Desa Tugubandung dengan kadesnya yang bijaksana dan ulet dalam memajukan desa.

Dia benar-benar mencurahkan pikiran, tenaga, dan waktu untuk mengabdi kepada masyarakat. Entis selalu berupaya untuk memaksimalkan manfaat sumber daya yang ada di desa, baik dana maupun potensi alam dan sosial untuk memajukan dan  mensejaterahkan masyarakat.

Sebagian besar warga Desa Tugubandung berpandangan, Kades Entis merupakan merupakan figur pemimpin yang baik, tanggap, serta baik dalam bersikap kepada siapa pun.

Pada suatu kesempatan seorang warga menuturkan,  “Kami menginginkan kepala desa seperti beliau. Kami mengharapkan Bapak Entis Sutisna bisa memimpin kembali Desa Tugubandung.” (*)



Print Friendly, PDF & Email