Kades Parakansalak Terus Berjuang untuk Merenovasi Semua RTLH

oleh -
Perangkat desa dibantu Babinsa setempat bersama masyarakat bahu-membahu untuk merenovasi RTLH di Desa Parakansalak.

Wartawan Nanang Setiana

Kepala Desa Parakansalak, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Budi Sunardi akan terus berjuang untuk dapat merenovasi semua RTLH (rumah tidak layak huni) yang ada di wilayah desanya. Karena itu Kades Budi tanpa mengenal lelah mengajukan permintaan bantuan untuk renovasi RTLH ke berbagai instansi seperti Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Pemprov Jabar, maupun Kementerian Sosial.

“Renovasi RTLH dilakukan secara bertahap sesuai dengan ketersediaan dana bantuan. Kami akan terus berupaya mencari sumber-sumber dana untuk melaksanakan program renovasi RTLH,” kata Budi ketika dihubungi wartawan, Kamis (31/10/2019).

Merenovasi RTLH di desa yang dipimpinnya, ujar dia, merupakan pekerjaan rumah (PR) yang harus segera diselesaikan. Alokasi dana untuk renovasi RTLH sangat terbatas sehingga Budi dan jajaraannya harus sabar menunggu alokasi dana dari pemda, pemprov, dan pusat.

Tahun ini, Kades Budi dan perangkat desa bersama masyarakat berkonsentrasi untuk menyelesaikan pembangunan tiga RTLH yang mendapat bantuan dari pemerintah yang dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Setiap RTLH mendapat bantuan sebesar Rp30 juta.

“Selain menggunakan dana dari pemerintah, renovasi RTLH itu juga didukung oleh swadaya masyarakat dalam bentuk tenaga atau bantuan yang lainnya,” ujar Budi.

Ketiga RTLH yang mendapat bantuan tersebut terletak di Kampung Cikareo RT 01 RW 08, Kampung Sirnamukti RT 02 RW 06, dan Kampung Cisaradi RT 02 RW 01 Desa Parakansalak.

“Kami mengharapkan bantuan untuk renovasi RTLH lebih banyak lagi pada tahun 2020 dan tahun-tahun selanjutnya agar harapan kami untuk memperbaiki semua RTLH dapat terwujud,” tutur dia.

Walaupun perbaikan RTLH dilakukan secara bertahap, lanjutnya, Budi yakin nantinya semua RTLH akan mendapat bantuan. Dia akan terus mendorong pemerintah untuk mengalokasikan dana bantuan renovasi untuk RTLH yang terdapat di wilayah Desa Pakansalak. (*)

Print Friendly, PDF & Email