Diskominfo Jabar Apresiasi Bimasakti

oleh -
Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyampaikan arahan kepada para peserta kegiatan diseminasi penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi.

Wartawan Usep Mulyana

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat mengapresiasi aplikasi Bimasakti (Bank Informasi Masyarakat Sukabumi Aktual Terintegrasi) yang diinisiasi oleh Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi. Bentuk apresiasi tersebut diwujudkan dengan menyelenggarakan desiminasi penguatan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Kabupaten Sukabumi.

“Salah satu alasan kami memilih Kabupaten Sukabumi sebagai lokasi kegiatan desiminasi penguatan PPID karena daerah ini telah memiliki aplikasi Bimasakti untuk optimalisasi layanan publik,” kata Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Provinsi Jabar, Dedi Darmawan pada pembukaan kegiatan desiminasi penguatan PPID di Hotel Agusta, Cikukulu, Cicantayan, Rabu (30/10/2019).

Aplikasi Bimasakti, ujar Dedi, dapat dijadikan contoh oleh daerah-daerah lain dalam penyelenggaraan sistem komunikasi dan informasi publik yang berkualitas. Menurut Dedi, layanan informasi publik bukan saja amanat Undang-undang tetapi juga merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Kehadiran aplikasi Bimasakti sangat urgen dalam meningkatkan kualitas layanan publik di Kabupaten Sukabumi. Sistem layanan informasi publik satu pintu ini memberikan kemudahan yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Aplikasi Bimasakti juga dapat menjawab keluhan dan aspirasi masyarakat. 

Penyelenggaraan desiminasi penguatan PPID merupakan kerja sama Diskominfo Provinsi Jabar dengan Diskominfo dan Persandian Kabupaten Sukabumi. Pesertanya para sekretaris perangkat daerah dan sekretaris kecamatan se-Kabupaten Sukabumi sebagai PPID pembantu.  Kegiatan tersebut mengambil tema “Peran PPID kabupaten/kota dalam mewujudkan Jawa Barat Provinsi Informatif”.

Saat meresmikan kegiatan diseminasi tersebut, Sekertaris Daerah Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengatakan, semua PPID pembantu di lingkungan perangkat daerah dan kantor kecamatan berkewajiban membantu PPID utama yang dalam hal ini kepala perangkat daerah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

“PPID harus memberikan informasi yang utuh dan benar. Pejabat yang bertugas harus melakukan pengelolaan dan pelayanan informasi publik yang meliputi proses pengumpulan penyediaan, pengklarifikasian, penyimpanan, pendokumentasian, dan pelayanan informasi secara baik dan benar,” kata sekda.

PPID utama maupun PPID pembantu,  kata Iyos, mempunyai fungsi dan peranan penting dalam memberikan layanan serta penyebarluasan informasi mengenai kebijakan dan program-program serta kegiatan di lembaganya ke semua elemen masyarakat. (*)

Print Friendly, PDF & Email