Camat Caringin Targetkan BPD Membuat Empat Perdes Pertahun

oleh -
Camat Caringin Anwari (kiri) melantik dan mengambil sumpah anggota BPD Caringin Wetan Periode 2019- 2025.

Wartawan Usep Mulyana

Camat Caringin, Kabupaten Sukabumi, Anwari mentargetakan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dapat membuat minimal 4 peraturan desa (perdes) dalam satu tahun. Salah satu perdes yang harus dibuat itu tentang APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa).

Hal itu dilontarkan Camat Anwari pada pelantikan dan pengambilan sumpah 7 orang anggota BPD Caringin Wetan Periode 2019-2025 di Aula Desa Desa Caringin Wetan, Kecamatan Caringin, Rabu (30/10/2019). Sebagai lembaga legislatif di tingkat desa, kata camat, salah satu tugas BPD adalah membuat peraturan desa (perdes)  bersama kepala desa.  

“Peraturan desa yang dibuat bersama kades harus membawa manfaat untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar camat.  

BPD, kata Anwari, jangan hanya selalu menimpakan kesalahan kepada kepala desa. Karena semua proses pengambilan keputusan pembuatan perdes dan pembuatan APBDes, BPD terlibat di dalamya.  

Camat mengingatkan, BPD memiliki 13 tugas pokok dan tiga fungsi di dalam lingkup pemerintahan desa. Selain membuat perdes, fungsi-fungsi dimaksud terdiri dari menampung aspirasi warga dan mengawasi kinerja kepala desa.  

Ditemui di tempat yang sama, Ketua BPD Caringin Wetan Periode 2019-2025 Yaman Nuryaman menyampaikan, BPD akan selalu bersikap kritis terhadap setiap kebijakan kepala desa. Selaku mitra kerja, dia dan rekan-rekannya akan terus berkoordinasi dan bersinergi dengan kepala desa dalam mengontrol jalannya roda pemerintahan.

“Kalau ada kebijakan kepala desa yang berpotensi merugikan warga, kami akan mengambil sikap dan tindakan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Karena BPD bukan juru stempel kepala desa,” kata Yaman. (*)

Print Friendly, PDF & Email