Puluhan Crosser Lokal Unjuk Kemampuan di Sirkuit Cikadu

oleh -

Wartwan M. Ridwan

Camat Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Ahmad Samsul Bahri menyatakan setuju dengan alih fungsi lahan eks Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) di Desa Cikadu menjadi sirkuit tempat berlaga para crosser. Dalam waktu dekat dia akan mengusulkan perubahan penggunaan lahan tersebut kepada Pemkab Sukabumi.

banner 970x90

Pernyataan Camat Samsul itu disampaikan ketika meresmikan kejuaraan roadcross yang digelar Karang Taruna Pahade Desa Cikadu, Kecamatan Palabuhanratu di sirkuit Desa Cikadu, Ahad (30/8/2020).  Kejuaraan dalam rangka memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia itu diikuti sekitar 40 crosser lokal.

“Sudah saatnya Desa Cikadu memiliki sirkuit yang representatif karena para pemudanya sangat antusias mengembangkan kegiatan kejuaraan sepeda motor. Lahan eks TPSA mencukupi untuk sirkuit sepeda motor dengan luas sekitar 7 hektare,” ujar Samsul.

Roadcross Hari Kemerdekaan merupakan agenda tahunan Karang Taruna Pahade Desa Cikadu. Tahun ini merupakan event yang kelima. Setiap tahun kejuaraan ini selalu mendapat sambutan dari para crosser dan masyarakat.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini, positif sekali untuk menyalurkan hobi dan bakat generasi muda. Kami harapkan semua Karang Taruna di Kecamatan Palabuhanratu memiliki agenda tahunan seperti Karang Taruna Pahade ini,” ujar camat.

Pada event tersebut, para crosser saling susul dan salip-menyalip dengan tekniknya masing-masing. Mereka tetap semangat walaupun lintasan sirkuit dipenuhi debu yang berterbangan di sepanjang area balap.

Ketua Karang Taruna Pahade Desa Cikadu, Sandi Satria menjelaskan, setiap tahun peserta kejuaraan roadcross terus bertambah. Walaupun sirkuitnya tidak terluas luas hanya seukuran lapang sepak bola, para crosser muda sangat antusias mengikuti kejuaraan tersebut.

Pada kejuaraan itu, panitia memperlombakan dua kategori yaitu kelas bebek dan kelas modifikasi. Para peserta memperebutkan piala tetap dan uang pembinaan.

“Yang paling penting dari kejuaraan ini adalah meningkatkan semangat silaturahmi di kalangan crosser. Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Camat atas respon dan perhatian beliau terhadap kegiatan yang kami selenggarakan ini,” tutur Sandi.

Sementara itu Kepala Desa Cikadu, Neng Eva Yulianti menyatakan rasa bangga kepada jajaran Karang Taruna di desanya yang rutin menggelar roadcross tersebut. Dia mendukung penuh agenda rutin Karang Taruna tersebut. Kades Cikadu juga menyambut usulan Camat Palabuhanratu terkait pembangunan srikuit permanen di eks TPSA. (*)

Print Friendly, PDF & Email