Minta Hujan, Warga Surade Gelar Shalat Istisqo

oleh -
Ratusan warga Kecamatan Surade mengikuti Shalat Istisqo di Lapang Lodaya untuk memohon diturunkan hujan.

Wartawan Dicky Sopyan

Memohon dengan hati tulus, ratusan warga Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi  dari berbagai desa menggelar Shalat Istisqo untuk meminta hujan. Sejak masuk musim kemarau, wilayah Kecamatan Surade dilanda kekeringan sangat parah yang mengakibatkan lahan pertanian kekurangan air sehingga tidak dapat diolah dan ditanami.

banner 970x90

Sholat Istisqa yang didirikan berjamaah  itu digelar di Lapang Lodaya Surade, Jumat (30/8/2019) dengan fasilitasi dan inisiasi olrh kantor kecamatan setempat. Di antara jamaah shalat tersebut tampak Camat Surade, H. Utang Supratman dan jajaran Muspika, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perangkat desa. Jamaah tempak khusyuk mengikuti prosesi shalat sunat tersebut.

Setelah shalat berjamaah, Camat Utang menyampaikan, kemarau tahun 2019 ini menimbulkan kekeringan yang sangat parah pada lahan pertanian di wilayah Surade. Banyak lahan sawah yang mengalami gagal panen karena tanahnya retak-retak.

Selain itu, masyarakat juga mengalami kesulitan untuk mendapatkan air untuk kebutuhan di rumah dan MCK. Beberapa warga harus membeli air untuk keperluan rumah tangga atau mengambil dari sumber air yang jaraknya cukup jauh sehingga harus mengeluarkan biaya untuk angkutan.

“Hari ini kami bersama masyarakat melaksanakan Sholat Istisqo untuk memohon kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. Ini salah satu ikhtiar kami dalam menghadapi cobaan di musim kemarau,” tutur Utang. 

Sebagai muslim, ujar dia, Sholat Istisqo wajib dilaksanakan apabila menghadapi musim kemarau yang berkepanjangan. Rasulullah SAW pernah menyampaikan pesan supaya umatnya melakukan shalat Istisqa secara berjamaah.

“Pada musim kemarau yang  berkepanjangan para sahabat pernah mengadu kepada Rasulullah  SAW karena telah terjadi kekeringan. Mendengar laporan para sahabat, Rasulullah   meminta disiapkan mimbar yang diletakkan di tanah lapang. Beliau berkata kepada para sahabat agar keluar menuju tanah lapang pada hari tertentu,” jelas Utang. (*)

Print Friendly, PDF & Email