Bupati Shalat Ied dan Serahkan Sapi Kurban di Lapang Sawahbera

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (tengah) seusai mengikuti shalat Ied di Lapang Sawahbera, Desa/Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami beserta unsur pimpinan daerah Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi, H. Adjo Sardjono dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mengikuti shalat Ied di Lapang Sawahbera, Desa/Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (31/7/2020).

banner 970x90

Setelah shalat berjamaah Idul Kurban itu, bupati didampingi wabup dan sekda menyerahkan 1 ekor sapi kurban kepada ulama setempat untuk dibagikan kepada umat Islam di sekitar Kampung Sawahbera, 

Pada Shalat Idul Adha itu, panitia menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat yang tinggal di Lapang Sawahbera sangat antusias mengikutinya. Setaiap tahun, Lapang Sawahbera selalu dijadikan tampat shalat Ied, tapi baru pertama kali diikuti oleh bupati serta wabup dan sekda sekaligus.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan ucapan selamat Idul Adha kepada jamaah dan masyarakat Kabupaten Sukabumi. Perayaan Idul Adha, kata dia, merupakan momentum yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Tahun ini Idul Adha dilaksanakan di tengah keprihatinan akibat pandemi Covid-19. Yakinlah selalu ada hikmah besar di balik wabah ini,” ujar Marwan.

Idul Adha, lanjut dia, merupakan momen untuk memperingati perjalanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang selalu ikhlas menerima perintah dan ujian dari Allah SWT. Dengan Idul Adha, kata bupati, manusia harus senantiasa bisa membersihkan hati dan jiwa dari nafsu hewani. 

“Perintah menyembelih putra kesayangan kepada Nabi Ibrahim merupakan ujian terbesar yang dihadapi umat manusia. Dengan semangat berkurban, manusia dapat saling membantu dan menolong,” ucapnya.

Pada bagian lain Marwan menyampaikan pesan kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kondusivitas menjelang perhelatan Pilkada tahun 2020. Melalui Idul Adha ini, kata dia, masyarakat memiliki momentum untuk mempererat tali silaturahmi.

Di akhir rangkaian kegiatan di Lapang Sawahbera, bupati membagikan sembako kepada para anak yatim,  orang jompo, penyandang disabilitas, dan kaum dhuafa lainnya. 

Untuk Lebaran Haji tahun ini, bupati dan jajarannya menyerahkan  hiewan kurban berupa 9 ekor sapi dan 13 ekor kambing yang dibagikan ke beberapa kecamatan.

Pada shalat itu tampak hadir Ketua MUI Kabupaten Sukabumi DR. KH A. Komarudin atau Kiai Oman, Kepala Kantor Kemenag H. Abas Resmana, Camat Cicantayan Sendi Apriadi dan jajaran Muspika, serta para kepala desa di wilayah Kecamatan Cicantayan. (*)

Print Friendly, PDF & Email