Santun dan Merakyat; Figur Kades Entis di Mata Warga Tugubandung

oleh -
Entis Sutisna

Artikel Opini, Joko Samudro (SUROBOYO)

Figur Kepala Desa Entis Sutisna berdasarkan penilaian warga Desa Tugubandung, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi sukses membangun dan memajukan desa yang dipimpinnya. Sebagian besar warga Desa Tugubandung berpandangan, Kades Entis merupakan merupakan figur pemimpin yang baik, tanggap, serta baik dalam bersikap kepada siapa pun.

banner 970x90

Selain baik dalam perilaku, Entis juga merupakan pelaksana administrasi pemerintahan yang selalu mentaati ketentuan dari pemerintah. Dilihat dari ketaatannya pada peraturan peundang-undangan dan kesungguhannya dalam melaksanakan aspirasi masyarakat, Entis sudah mencapai tahap kesuksesan sebagai kepala desa.

Salah satu hasil dari kiprah dan pengabdian Entis sebagai kepala desa adalah terbentuknya tatatan masyarakat, baik fisik, nonfisik, maupun sosial yang lebih baik dibandingkan sebelum dia menjabat.

Dia benar-benar mencurahkan pikiran, tenaga, dan waktu untuk mengabdi kepada masyarakat. Entis selalu berupaya untuk memaksimalkan manfaat sumber daya yang ada di desa, baik dana maupun potensi alam dan sosial untuk memajukan dan  mensejaterahkan masyarakat.

Entis juga selalu menyempatkan diri untuk hadir di acara-acara masyarakat. Dia  berupaya untuk menampung dan menyalurkan sebanyak-banyaknya aspirasi warga agar masyarakat merasa diperhatikan dan puas. Program dan kegiatan yang dicanangkan oleh Entis tidak pernah mendapatkan rintangan dan tidak pernah menimbulkan gejolak. Masyarakar tetap aman, nyaman, dan terlindungi.

Dia pun piawai menggunakan Dana Desa (DD) dari APBN, Bantuan Keuangan dari Pemprov Jabar, dan Alokasi Dana Desa (ADD) dari Pemkab Sukabumi untuk meningkatkan kualitas infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kinerja perangkat desa.

Di desa yang dipimpinnya, sebagian besar masyarakat bermatapencaharian sebagai petani dan pedagang. Mereka dapat merasakan program dan kegiatan pembangunan yang dijalankan oleh Entis. Pemdes Tugubandung di bawah kepemimpinnya berhasil membangun jalan, jembatan, irigasi, dan infrastruktur lainnya yang menunjang kehidupan dan aktivitas warga.

Pada berbagai kesempatan, warga sering mengungkapkan pandangan dan pendapatnya tentang kepemimpinan Entis dan kemajuan di Desa Tugubandung. Menurut mereka, pengelolaan DD dan ADD oleh Pemerintah Desa Tugubandung sangat baik dan sesuai aspirasi masyarakat. Mereka merasa bangga memiliki pemimpin dengan figur seperti Entis Sutisna. (*)

Print Friendly, PDF & Email