Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Warga PNG Gencarkan Nirwana Bike

oleh -
Warga Perumahan Nirwana Graha berada di perbatasan Kota Sukabumi-Kabupaten Sukabumi dalam kegiatan olahraga Nirwana Bike.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Warga Perum Nirwana Graha (PNG) Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong,  Kota Sukabumi menjaga imunitas atau kekebalan tubuh dengan bersepeda. Melalui aksi olahraga yang diberi nama Nirwana Bike itu, warga PNG menempuh rute berkeliling Kota Sukabumi hingga kawasan perbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.  

banner 970x90

“Nirwana Bike ini merupakan kegiatan rutin di tengah panedmi Covid-19 setiap akhir pekan,” kata salah seorang warga PNG yang mengikuti Nirwana Bike, Ujang Beni Ibrahim yang akrab disapa Ubi di tengah kegiatan bersepeda, Minggu (31/5/2020).

Selain menjaga kebugaran tubuh, ujar Ubi, Nirwana Bike berguna untuk meningkatkan dan mempererat silaturahmi di antara warga. Melalui kegiatan tersebut, warga PNG juga dapat menghilangkan rasa suntuk setelah menjalani aktivitas selama satu minggu di dalam rumah.   

“Daripada suntuk, kita mencari udara segar bersama-sama untuk menjaga daya tahan tubuh agar imunitas kita bisa menangkal segara jenis penyakit,” tutur Ubi.

Selama mengikuti Nirwana Bike, para peserta selalu mengenakan masker yang pemakaiannya diatur buka tutup supaya mereka tidak kehabisan napas. Peserta juga selalu membawa hand sanitizer.

“Kami semua pemula, dalam arti bukan  bukan atlet sepeda. Makanya kami memilih rute dari kampung ke kampung. Selain cari keringat kami juga cari kebahagiaan,” ucapnya.

Setiap pekan selalu ganti rute. Salah satu pertimbangan dalam menentukan rute Nirwana Bike adalah ketersediaan warung yang menjual makanan tradisional seperti bajigur, laksa, lotek, atau gegetuk. Di tengah perjalanan, para peserta Nirwana Bike selalu menyempatkan singgah di warung makanan dari zaman buhun. (*)

Print Friendly, PDF & Email