Polisi Berlakukan Sistem One Way Lalu Lintas Secara Kondisional

oleh -
Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro didampingi Kasat Lantas AKP Kadek Vemil (pakai helm) terjun ke jalan untuk ikut mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar dan kondusif.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pada Operasi Ketupat Lodaya 2019, Polres Sukabumi Kota menerapkan rekayasa lalu lintas sistem one way secara kondisional dan situasional di jalan-jalan yang terakses ke pusat kota. Sistem ini diterapkan untuk menanggulangi peningkatan volume kendaraan yang terus naik menjelang Idul Fitri 1440 Hijriyah.

“Kalau terjadi kepadatan lalu lintas, kami akan langsung menerapkan rekayasa lalu lintas sesuai situasi dan kondisi dengan memperhatikan bagian titik yang tersibuk,” kata Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP I Kadek Vemil kepada wartawan, Jumat (31/5/2019).

Dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas, ujar Kasat Lantas, dirinya akan allout dan menerjunkan seluruh jajarannya. Bahkan sebagai kasat, dia bersama Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro tidak segan-segan turun ke jalan untuk ikut mengatur lalu lintas.

“Pemberlakukan one way di jalan-jalan tertentu tidak berlangsung selama 24 jam. Kami memberlakukannya dari pukul 06.00 sampai pukul 21.00 WIB. Nantinya termasuk juga penerapan sistem buka tutup menuju pusat kota di Jalan Ahmad Yani,” jelas AKP Kadek Vemil.

Setiap hari Jalan Ahmad Yani selalu dipadati kendaraan dan pejalan kaki yang terus meningkat. Di beberapa titik, pejalan kaki sampai turun ke badan jalan. Menjelang Idul Fitri, orang berdesak-desakan di jalan menuju Citimall dan toko-toko yang ada di Jalan Ahmad Yani. Begitu juga di Jalan RE Martadinata, kumpulan orang terkonsentrasi di sekitar Yogya Dept Store.

“Apabila kondisi Jalan A. Yani di tengah kota sudah padat, kami akan menutup  dulu dari salah satu arah untuk sementara waktu. Setelah arus lalu lintas normal, sistem satu arah dicabut,” terangnya.

Kadek juga mengevaluasi adanya kenaikan volume kendaraan yang melintas di pusat kota, terutama pada hari libur. Dia memperkirakan akan terus terjadi lonjakan volume kendaraan pada H-3 di wilayah Kota Sukabumi. Para petugas akan mengalihkan arus lalu lintas di beberapa ruas jalan seperti Jalan Harun Kabir, Jalan A. Yani, Jalan Otista, Jalan Suryakencana, Jalan R. Syamsudin di depan Balai Kota Sukabumi.

“Karena kepadatan orang yang terus meningkat, Jalan Harun Kabir tertutup untuk semua jenis kendaraan bermotor dari kedua arah. Ruas jalan ini hanya untuk  pedagang dan pejalan kaki,” ujar Kasat Lantas.

Berbicara tentang Operasi Ketupat Lodaya, Kadek menyampaikan semuanya berjalan dengan lancar. Sejauh ini tidak ada kejadian yang menonjol seperti kecelakaan lalu lintas.  

“Untuk menjaga kestabilan arus lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas, kami menerjunkan semua personel dengan kekuatan 78 orang. Selain itu, kami akan melibatkan jajaran satuan lainnya di Polres Sukabumi Kota dan jajaran Polsek,” tuturnya.

Kepada pengguna kendaraan bermotor, Kasat Lantas mengimbau mereka untuk  tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan melengkapi kendaraan dengan surat-surat dan selalu menggunakan helm untuk pengendara roda dua. (*)

Print Friendly, PDF & Email