Bupati Hadiri Acara Ngubek Lauk di Karangpapak

oleh -
Ribuan warga ramai-ramai turun ke sawah berlumpur untuk menangkap ikan dengan tangan atau alat tangkap tradisional sederhana.

Wartawan Usep Muyana (Kowasi)

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri dan menyaksikan kemeriahan acara Pesta Rakyat Ngubek Lauk di depan saung Baskom, Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Minggu (31/3/2019). Pada kegiatan itu, ribuan warga dari berbagai desa dan kecamatan berkotor-kotoran untuk menangkap ikan di sawah berlumpur.

banner 970x90

Tampak pada areal 8 petak sawah dengan luas 1,5 hektare tersebut, warga berdesakan dan berebut ikan. Hamparan Teluk Palabuhanratu menjadi saksi kemeriahan dari kegiatan massal yang merakyat tersebut. Ketua Panitia, Nandang Mulyana yang akrab disapa Kang Baskom menerangkan, total ikan yang dilepas di lokasi ngubek lauk sekitar 2 ton.

“Alhamdulillah ngubek lauk tahun sekarang lebih meriah. Mudah mudahan ke depan atas izin Allah, kegiatan ini kami selenggarakan setiap tahun. Saya sangat terharu dan bangga melihat kebersamaan masyarakat pada acara ini. Hal yang paling penting adalah menngkatkan gotong royong dan silaturahmi,” ujar Kang Baskom.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi yang beraur dengan ribuan warga menyampaikan, kegiatan seperti ini harus terus didorong dan dikembangkan sehingga menjadi agenda tahunan.

“Hari ini kita menyaksikan kebersamaan masyarakat dalam suasana yang penuh kegembiraan. Inilah yang kita inginkan, masyarakat berkumpul dengan wajah ceria,” kata bupati. 

Marwan meyakini, jika masyarakat Kabupaten Sukabumi bersatu dan bergerak bersama untuk membangun daerah maka motto Sukabumi yang lebih baik bukanlah hal mustahil akan sgera terwujud.

“Kalau masyarakat Kabupaten Sukabumi ngahiji pasti Sukabumi lebih baik bisa cepat terwujud,” ujarnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email