Siswa SDN Desa Cibima Pelajari Lima Dimensi

oleh -
Rombongan siswa kelas 4B SDN Desa Cibima Kota Sukabumi ketika tiba di Taman Impian Jaya Ancol dalam perjalanan karya wisata ke Jakarta.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Para siswa SDN Dewi Sartika Citra Bina Mandiri (Desa Cibima) Kota Sukabumi mengikuti karya wisata ke Taman Impian Jaya Ancol dan Dunia Fantasi (Dufan) Jakarta sambil mempelajari objek yang dikujungi, Rabu (30/10/2019). Salah satu objek yang dikunjungi dan dipelajari oleh para siswa adalah wahana lima dimensi yang menggunakan teknologi film dan sistem optik khusus.

“Ini bukan sekedar piknik, tapi lebih kepada karya wisata. Tujuannya untuk memberi wawasan kepada para siswa tentang kemajuan teknologi dan tempat wisata di luar daerah,” kata Kepala SDN Desa Cibima, Iwan Setiawan sebelum melepas rombongan karya wisata.

Pada karya wisata tersebut, para siswa mendapatkan tugas mengarang tentang kegiatan yang mereka ikuti dan lokasi objek wisata yang didatangi. Tugas mengarang ini khusus untuk kelas 6. Para siswa yang tidak ikut, diwajibkan belajar di rumah dengan bimbingan orang tua.

“Tidak ada paksaan untuk ikut kegiatan ini. Mengenai tempat tujuan dan besaran biaya tiap siswa ditetapkan berdasarkan hasil musyawarah dengan orang tua. Berdasarkan data di panitia, sekitar 90 persen siswa yang ikut karya wisata,” jelas Iwan. 

Tiba Ancol, para siswa menyaksikan aneka satwa yang hidup di laut dan pantai seperti pinguin, lumba-lumba, dan anjing laut. Selain berfoto-foto, para siswa juga mengamati binatang-binatang tersebut dengan cermat. Para siswa kelas 6 aktif mencatat pada buku kecil yang mereka bawa. Sebagian menorehkan catatan pada ponsel mereka.

Para siswa juga sangat menikmati pertunjukan teknologi film lima dimensi. Sambil mengenakan kacamata khusus, mereka menyaksikan ruang khayalan yang tercipta di depan mata mereka. Seakan-akan para siswa berada di ruang dalam film tersebut. Mereka tidak henti-hentinya berteriak ketika beberapa bintang buas berlarian di depan hidung para siswa.

Ketua Panitia Karya Wisata SDN Desa Cibima 2019 yang juga Wali Kelas 6c, Mulyadi menjelaskan, selain untuk meningkatkan wawasan para siswa, kegiatan yang digelarnya bertujuan untuk meningkatkan jalinan silaturahmi orang tua, para siswa, dengan para guru. Pada karya wisata itu, para peserta berangkat sebagai sebuah keluarga besar.

“Refreshing sambil menambah pengetahuan. Siswa kelas 6 harus membuat laporan perjalanan karya wisata tersebut, sejak berangkat, keadaan di tempat tujuan, sampai tiba kembali di rumah,” ujar Mulyadi.

Rombongan siswa SDN Desa Cibima dan para orang tua berangkat ke Jakarta dengan 20 bus. Mereka mendapatkan pengawalan dari Patwal Polres Sukabumi Kota dari Sukabumi sampai dengan Ciawi. (*)

Print Friendly, PDF & Email