Puluhan Kader Posyandu Memilih BPD Wanita Desa Ubrug

oleh -
Kader-kader posyandu hadir untuk memberikan suara pada pemilihan anggota BPD wanita Ubrug.

Wartawan Nanang Setiana

Puluhan kader posyandu Desa Ubrug, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pemilihan anggota perwakilan BPD (Badan Permusyawaratan Desa) wanita di aula desa setempat, Rabu (30/10/2019). Mereka menentukan pilihan terhadap Eti Supriati sebagai anggota BPD Ubrug periode 2019-2024 dari kaum perempuan.

Selain kader posyandu yang semuanya wanita, pemilihan BPD wanita itu juga dihadiri BPD, LPMD, dan Karang Taruna. Pada pemilihan itu, tampil tiga calon anggota BPD dari kaum wanita yang dipilih dari empat kedusunan. Eti berhasil meraih suara terbanyak. Dalam waktu dekat, dia bersama rekan-rekannya akan dilantik menjadi anggota BPD Ubrug periode 2019-2024.

“Kami akan berusaha untuk membuka akses seluas-luasnya bagi masyarakat agar dapat menyampaikan aspirasi kepada BPD. Aspirasi juga dapat disalurkan melalui musyawarah terbuka yang diselenggarakan oleh masyarakat,” kata Eti seusai pemilihan anggota BPD wanita.  

Dia optimis, BPD periode 2019-2024 dapat bekerja dengan baik dalam menjalankan tugas dan peran selama masa pengabdiannya. Eti sendiri akan berupaya semaksimal mungkin untuk melancarkan pembelaan terhadap kepentingan masyarakat.

Kepala Desa Ubrug, Henhen Suhendi menyampaikan sambutan pada acara pemilihan BPD wanita.   

Sementara itu, dalam sambutannya, Kepala Desa Ubrug, Henhen Suhendi mengatakan, sebagai lembaga perwujudan praktik demokrasi di tingkat desa, BPD harus giat menampung dan menyalurkan suara dan aspirasi masyarakat. Secara khusus, anggota BPD dari kaum wanita juga mesti aktif menyuarakan hati nurani kaum perempuan.

BPD bersama unsur desa lainnya harus bahu-membahu dan saling mendukung dalam membangun desa dan memperjuangkan kepentingan masyarakat, ujar Henhen. Kades mengharapkan, dengan pola kerja sama dan sinergitas di antara unsur-unsur pemerintahan desa, program-program pembangunan, pemberdayaan, dan pelayanan di Desa Ubrug dapat berjalan dengan baik.

“BPD sebagai bagian dari pemerintahan desa merupakan lembaga perwujudan demokrasi yang mewakili kepentingan masyarakat di tingkat desa,” kata dia.  

Di tempat yang sama Ketua Panitia Pemilihan BPD Wanita Ubrug, Endang Ardiansyah mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader posyandu Desa Ubrug yang telah hadir dalam pemilihan BPD wanita. Endang berharap kepada BPD yang telah terpilih bisa bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya dan saling menunjang satu dengan lainnya.

“Tugas penting menunggu BPD yaitu bersama kepala desa membuat peraturan desa, melaksanakan pengawasan terhadap pemerintahan, dan menyusun serta menetapkan APBDes,” tutur Endang. (*)

Print Friendly, PDF & Email