Aqua dan Inna SBH Raih Penghargaan Wajib Pajak Teladan

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) menyerahkan penghargaan kepada salah satu wajib pajak daerah dari kalangan perusahaan atas partisipasi dan kontribusinya dalam pembayaran pajak daerah.

Wartawan Usep Mulyana

Dua perusahaan papan atas PT Aqua Golden Mississipi (AGM) dan Inna Samudera Beach Hotel (ISBH) meraih penghargaan sebagai wajib pajak teladan dari Pemkab Sukabumi. AGM ditetapkan sebagai wajib pajak teladan untuk kategori pajak air tanah bahan utama, sedangkan ISBH sebagai teladan untuk kategori pajak hotel bintang.

Perwakilan dua perusahaan itu menerima penghargaan dari Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada acara Malam Anugerah Pajak Daerah Kabupaten Sukabumi Tahun 2019 di Hotel Pangrango Sukabumi, Selasa (29/10/2019) malam. Pada acara yang diselenggarakan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi itu juga diserahkan penghargaan kepada belasan wajib pajak teladan untuk berbagai kategori.

Korporasi lain yang meraih penghargaan wajib pajak teladan terdiri dari Hotel dan Rest Bayu Amarta (kategori pajak hotel melati), PT. FastFood Indonesia (kategori pajak restoran), RM. Lembur Kuring Nikmat (rumah makan), PT Angsa Emas (jasa boga/katering), PT Indonesia Fantasi Sentosa (kategori pajak hiburan), PT Kiat Indah (vendor lokal), dan PT Aneka Karya Advertising (vendor luar).

Selanjutnya PT Yakult Indonesia Persada (vendor), PT PLN (Persero) APJ Sukabumi (pajak penerangan jalan), PT. Nusapala Parkir (pajak parkir pihak III), Ryzzy Azzahra Waterpark (pajak parkir perseorangan), PT Indolakto (kategori pajak air tanah bahan penunjang), dan PT Kino Indonesia, Tbk (pajak air tanah bahan penunjang produksi).

Kemudian Bank BJB Cabang Palabuhanratu (kategori pajak air tanah pemukiman,  perdagangan, dan jasa) dan PT. Tambang Semen Sukabumi (kategori pajak pertambangan mineral bukan logam).

Dalam laporannya, Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Dadang Eka Widianto menjelaskan, malam anugerah pajak yang digelarnya merupakan bentuk apresiasi pemda kepada para wajib pajak. Tujuan pemberian penghargaan tersebut adalah untuk mendorong para wajib pajak agar senantiasa patuh dalam memunaikan kewajibannya  terhadap peraturan perpajakan daerah. 

Sementara itu Bupati Sukabumi menyampaikan, untuk menggali dan mengembangkan potensi pajak daerah diperlukan berbagai inovasi atau terobosan. Nantinya inovasi dan terobosan tersebut tidak saja mampu meningkatkan kesadaran para wajib pajak, tetapi juga bisa mendorong pencapaian target pendapatan dari pajak daerah.

“Sampai sekarang pajak daerah masih menjadi salah satu sumber utama pembiayaan pembangunan. Karena itu penggalian potensi dari pajak daerah ini harus menjadi perhatian bersama,” ujar bupati.

Diharapkannya  penghargaan tersebut dapat meningkatkan kontibusi para wajib pajak daerah pada pembangunan daerah. (*)

Print Friendly, PDF & Email