Kantor Imigrasi Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing di 47 Kecamatan

oleh -
Suasana sosialisasi pengawasan orang asing yang digelar oleh Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi di Hotel Augusta Cikukulu.

Wartawan AEP SAEPUDIN  

Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Tim Pora) di 47 kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Pembentukan tim tersebut diselenggarakan pada kegiatan sosialisasi pengawasan orang asing bertempat di Ballroom Hotel Augusta, Jalan Raya Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Senin (30/9/19).

banner 970x90

Tim Pora terdiri dari unsur-unsur Kantor Imigrasi, kepolisian,  TNI,  BIN,  kejaksaan, muspida, sampai muspika di tingkat kecamatan. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Nurudin mengatakan, Tim Pora harus dijadikan  wadah untuk berkordinasi,  berkolaborasi, bersinergi, serta bertukar informasi untuk mendeteksi sejak dini serta pengawasan terhadap orang asing.  

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sukabumi, Nurudin (tengah) bersama staf.

“Pada tahun 2016, kami telah membentuk Tim Pora di 16 kecamatan. Sekarang dibentuk di semua kecamatan sehingga 47 kecamatan di Kabupaten Sukabumi memiliki Tim Pora,” ujar Nurudin.

Pembentukan tim dan sosialialisasi Pora juga dihadiri unsur Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi. Tampak hadir Kasat Intel Polres Sukabumi, AKP Jayudin, Anggota Seksi Intelijen Kejari Kabupaten Sukabumi, Aji Sukartaji, para Danramil, para Kapolsek, camat, dan Kasi Trantib dari tiap-tiap kecamatan.

“Kami juga telah membentuk Tim Pora tingkat Kabupaten Sukabumi. Sekarang sudah lengkap dengan Tim Pora di semua kecamatan,” ujar Nurudin.

Dengan adanya Tim Pora, orang asing yang berada di wilayah Kabupaten Sukabumi harus terdeteksi sejak dini, lanjut Nurudin. Hanya orang asing  yang masuk secara legal dan melakukan aktivitas yang resmi yang boleh berada di wilayah Kabupaten Sukabumi. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email