Karamat Peduli Sampah Diapresiasi DLH

oleh -
https://pelitasukabumi.com/2019/08/30/3611/kota-sukabumi/karamat-peduli-sampah-diapresiasi-dlh/

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kepedulian masyarakat Kelurahan Karamat,  Kecamatan Gunungpuyuh terhadap pengelolaan sampah mendapat apresiasi dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kota Sukabumi. Kelurahan Karamat berhasil menyelenggarakan program pengelolaan sampah mulai pengolahan sampah di tingkat rumah tangga, pemilahan oleh komunitas, sampai pengelolaan hasil penjualan sampah oleh warga.

banner 970x90

“Saya sangat mengapresiasi kepedulian masyarakat Kelurahan Karamat terhadap sampah. Kami siap mendukung program yang digulirkan masyarakat dan Kantor Kelurahan Karamat dalam pengelolaan sampah,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DLH Kota Sukabumi, Endah Aruni ketika dihubungi wartawan, Jumat (30/8/2019).

Hebatnya lagi, ujar Endah, komunitas warga di Kelurahan Karamat berhasil membentuk Bank Sampah Aura Kasih (Amanat untuk Rakyat Karamat Bersih). Bank ini menerima sampah yang dapat didaur ulang dari warga yang uangnya bisa untuk menutup kebutuhan bulanan seperti rekening listrik, rekening air bersih, atau pembayaran pajak.  

Jajarannya, lanjut Endah, siap mendukung program-program di Kelurahan Karamat yang ada kaitannya dengan pengelolaan sampah. Endah pernah diundang sebagai narasumber pada kegiatan bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan sampah berbasis masyarakat.  

“Pada bimtek itu kami memberikan pemahaman kepada para peserta yang berasal dari berbagai elemen masyarakat  tentang tata cara mengelola dan memanfaatkan sampah rumah tangga,” tuturnya.

Setelah bimtek, para peserta menuju lokasi TPA Cikundul untuk melihat langsung sistem pengelolaan sampah di sana. Mereka juga belajar prosedur dan tata cara pengolahan sampah menjadi kompos dan cara membuat lubang biopori  dari jajaran DLH Kota Sukabumi.  

“Harapan kami biopori yang dikembangkan oleh masyarakat secara perlahan dapat menggantikan TPS sehingga volume sampah yang masuk ke TPA Cikundul akan semakin sedikit. Dengan demikian usia TPA Cikundul dapat lebih panjang,” ujarnya.

Saat ini Kantor Kelurahan Karamat masih mencari lahan milik warga untuk lokasi TPS-3R (Reduce Reuse Recycle). Dengan sistem TPS-3R, sampah dapat didaur ulang menjadi barang yang berguna dan kompos. Pemerintah pusat, kata Endah, akan menyiapkan anggaran untuk pembangunan fasilitas TPS-3R.

“Pembangunan TPS-3R akan difasilitasi oleh Pemerintah Pusat melalui Dana Alokasi Khusus  atau APBN.  Kami juga akan terus mendukung dan memberikan support pada kegiatan masyarakat dalam pengelolaan sampah,” ujar Endah. (*)

Print Friendly, PDF & Email