Pembangunan Infrastruktur di Desa Berekah Tingkatkan Pendapatan Petani

oleh -
Salah satu ruas jalan di Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi yang dibangun dengan Dana Desa memberikan manfaat yang besar kepada warga setempat, terutama para petani.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Pembangunan infrastruktur di Desa Berekah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi memberikan kontribusi nyata pada peningkatan pendapatan para petani. Sebab tersedianya infrastruktur yang memadai seperti jalan, jembatan, dan irigasi dapat meningkatkan produktivitas petani.

banner 970x90

“Jelas sekali keberadaan infrastruktur membantu peningkatan produktivitas dan mempermudah akses dalam pengangkutan hasil pertanian. Secara langsung, adanya infrastruktur berdampak pada penurunan biaya produksi hingga distribusi,” kata Kepala Desa Berekah, Andriansyah kepada wartawan, Senin (29/7/2019).

Jika tidak ada infrastruktur perhubungan, para petani akan mengeluarkan biaya yang sangat tinggi, terutama pada musim panen untuk pengangkutan hasil panen. Begitu juga tanpa saluran irigasi yang memadai, biaya produksi akan meningkat, terutama pada musim kemarau. 

Sejak digulirkan program Dana Desa (DD) pada 2015, pembangunan infrastruktur di Desa Berekah dan desa-desa lainnya di Kabupaten Sukabumi mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dalam penggunaan DD, Andriansyah dan perangkat Desa Berekah menitikberatkan pada pembangunan infrastruktur. (*)

Print Friendly, PDF & Email