Kehadiran Tugu Perbatasan Merupakan Simbol Kebersamaan Dua Desa

oleh -
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri bersama Kades Kalapanunggal Hendra Suhendra saat meresmikan tugu perbatasan yang pembangunannya dibiayai dana bonus produksi PT. Star Energy Indonesia.

Wartawan Joko Samudro 

Kehadiran tugu perbatasan di antara dua desa merupakan simbol kebersamaan dari pemerintah dan masyarakat di dua desa. Karena itu adanya tugu perbatasan haruslah dapat dijadikan pendorong untuk meningkatkan kerja sama dan kebersamaan di antara pemerintahan dan masyarakat yang berbatasan.

banner 720x90

Demikianlah hal itu dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri saat meresmikan tugu perbatasan antara Desa Kalapanunggal, Kecamatan Kalapanunggal dengan Desa Nangkoneng, Kecamatan Cikidang di Desa Kalapanunggal, Senin (29/6/2020).

“Hendaknya tugu perbatasan ini dapat mempererat hubungan dan komunikasi antara Desa Kalapanunggal dengan Desa Nangkakoneng. Kobarkan terus sikap dan jiwa kebersamaan masyarakat di kedua desa yang berbatasan,” ujar sekda.

Atas nama Pemkab Sukabumi, Iyos menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Kalapanunggal atas keberhasilan dalam membangun tugu tersebut. Dia mengharapkan tugu tersebut bukan sebagai pemisah malahan menjadi pemersatu untuk meningkatkan pembangunan dan kemajuan di dua desa.

Penyambutan sekda (tengah) oleh masyarakat dan Kepala Desa Kalapanunggal (kiri).

Pembangunan tugu batas tersebut dibiayai oleh dana bonus produksi dari PT Star Energy Indonesia dengan anggaran sebesar Rp60 juta. Sekda mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga keindahan serta kebersihan tugu batas tersebut.

“Tugu ini merupakan monumen bersejarah, khususnya bagi warga masyarakat Desa Kalapanunggal dan Desa Nangkakoneng,” tuturnya.

banner 720x90

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Desa Kalapanunggal Hendra Suhendra mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak khususnya PT. Star Energy Indonesia dan seluruh warga Desa Kalapanunggal yang turut serta berperan pembangunan tugu perbatasan yang diresmikan tersebut.

Ucapan yang sama disampaikan kepada sekda yang telah hadir untuk meresmikan tugu perbatasan. 

“Kehadiran tugu ini merupakan hasil perjuangan seluruh warga Desa Kalapanunggal. Tanpa peran serta warga, tidak mungkin kami bisa membangun tugu perbatasan,” ucap Hendra. (*)

Print Friendly, PDF & Email