Hikmah di Balik Corona, Guru Honorer Sukses Kembangkan Usaha Kuliner Jepang

oleh -
Kreator Yukosuki, Yuni Nurwita (kanan).

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Keluarga Yuni Nurwita dan Eko Budi Listiono yang tinggal di Perum Nirwana Graha Blok F Nomor 10 RT 05 RW 07, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong,  Kota Sukabumi dapat meraih hikmah dari penyebaran Virus Corona. Mereka dapat mengembangkan usaha kuliner khas Jepang yang diberi nama Yukosuki ketika wabah Covid-19 merebak.

banner 970x90

Kini omset harian dari usaha kulinernya bisa mencapai Rp1 juta sampai Rp2 juta. Sehari-hari Yuni mengabdi sebagai guru honorer di SMPN 12 Kota Sukabumi. Dia memang hobi mengutak-atik resep masakan Jepang.

Manakala wabah Covid-19 merebak, Yuni lebih banyak tinggal di rumah. Dia pun mulai membuat racikan yang dibuat berdasarkan pengalaman dan intuisinya sehingga melahirkan menu andalan bernama Yukosuki.

“Awalnya dari hobi makan masakan Jepang. Karena pandemi hampir semua restoran dan warung nasi tutup. Jadi kepikiran buka usaha delivery masakan Jepang,” kata Yuni, Selasa (30/6/2020).

Dalam menjalankan usaha kuliner tersebut, Yuni dibantu keponakannya Resna Sepriani yang sehari-hari mengajar sebagai guru honorer di SMPN I Kota Sukabumi. Untuk mengembangkan usahanya, Yuni dan Eko memanfaatkan media sosial  seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp. Salah satu nama akunnya bernama Instagram@helloyukosuki. 

Pangsa pasarnya menyasar semua kalangan anak-anak hingga dewasa. Dengan sistem delivery yang dipakainya, konsumen menunggu di rumah, dia mengantarkan semua menu masakan lengkap dengan alat masaknya. 

“Pelanggan bisa kumpul bersama keluarga, tamu, atau teman kantor. Mereka masak sendiri, bakar sendiri,” ujar Yuni.

Kelebihannya konsumen tetap bisa menikmati suki shabu dan barbeque tanpa harus keluar rumah. Mereka tinggal menikmati sajian bersama keluarga, sahabat, atau tamu.

Bersamaan dengan tibanya zona hijau untuk Kota Sukabumi, pesanan untuk Yukosuki terus mengalir. Bahkan pelanggannya ada yang tinggal  di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Sukabumi. Pemesanan harus pre order H-1 maksimal karena menu harus disajikan dalam keadaan fresh. 

Yukosuki merupakan singkatan dari Yuni, Eko dan Suki. Di dalam menu kreasi Yuni ini terdapat menu barbeque slice daging wagyu dan kuah tomyam khas Yukosuki. Konsumen harus order minimal 4 paket dan bisa mendapat soft drink, dessert, dan buah serta gratis alat masak dan alat makan dengan waktu kurang lebih 2,5 jam. Harga perpaket dipatok Rp79 ribu.

Belum lama ini Yuni dan Eko melayani pesanan dari rumah dinas Wali Kota Sukabumi. Pesanan datang dari istri Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, Hj. Fitri Hayati Fahmi. Rupanya Fitri tertarik dengan promosi Yukosuki melalui media sosial.

“Sebuah kehormatan bagi kami bisa melayani Pak Wali Kota bersama keluarga di rumah dinas, Jalan Siliwangi Kota Sukabumi,” tutur Yuni.

Penggemar kuliner yang berminat untuk mencicipi keunggulan rasa Yukosuki bisa menghubungi Yuni dan Eko di nomor 085794444912 dan 085860670057. (*)

Print Friendly, PDF & Email