Berkat Dana Desa, Tenjolaut Bisa Membuka Jalan Baru

oleh -
Kepala Desa Tenjolaut Soleh memimpin monitoring pembukaan jalan baru yang pembangunannya dibiayai Dana Desa.

Wartawan Hamjah

Berbagai program peningkatan pembangunan fisik dilaksanakan oleh Desa Tenjolaut, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi dengan memanfaatkan Dana Desa (DD). Salah satunya  membuka jalan baru yang mengakses jalan kabupaten penghubung Ciketa-Cikarang.

banner 720x90

“Secara bertahap jalan yang dibuka ini akan terus ditingkatkan dengan perkerasan sampai menjadi lapen pada tahun berikutnya,” kata Kepala Desa Tenjolaut Soleh kepada wartawan, Senin (29/6/2020).

Sebagian besar tanah yang digunakan untuk jalan baru merupakan hibah dari masyarakat. Jalan ini memiliki panjang 6 kilometer dengan lebar 4 meter. Jalan baru itu, ujar Soleh, merupakan salah satu sarana pendukung untuk menunjang kegiatan para petani di Desa Tenjolaut dalam mengelola perkebunan mereka.

“Dengan adanya jalan ini, para petani dapat lebih mudah mengakses jalan kabupaten sehingga mempermudah mereka dalam mengolah dan mengirimkan hasil pertanian ke luar desa,” tutur Soleh.

Mayoritas penduduk di desa yang dipimpinnya adalah petani, lanjut dia. Dengan demikian manfaat jalan baru dapat dirasakan secara langsung oleh sebagian besar warga Desa Tenjolaut.

“Keberadaan jalan baru ini secara langsung dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” kata Soleh.

banner 720x90

Selain itu jalan yang baru nantinya bisa dijadikan jalan utama di Desa Tenjolaut. Dibandingkan dengan mengembangkan jalan yang biasa dipakai menuju desa ini, pembangunan jalan yang baru jauh lebih efisien dengan hasil yang efektif.

“Jalan yang biasa dipakai untuk perjalanan ke desa kami melewati dua sungai dengan lebar 70 meter,” jelas Soleh.

Pemdes Tenjolaut pernah menghitung bersama Dinas Pekerjaan Umum, biaya untuk pembangunan satu jembatan saja mencapai Rp4 miliar. Sementara biaya untuk pembukaan baru sepanjang 6 kilometer hanya sekitar Rp70 juta. Pemdes Tenjolaut pun memilih alternatif membangun jalan baru. (*)

Print Friendly, PDF & Email