Ingatkan Sejarah Bojongkokosan, Bupati Menanam Pohon Kokosan

oleh -

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Guna mengingatkan asal muasal dan sejarah Bojongkokosan, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menanam pohon kokosan di Palagan Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi dalam rangka bakti sosial bersama anak yatim, Minggu (30/6/2019). Menurut bupati, sebagian masyarakat sudah lupa bentuk dan rupa pohon kokosan yang menyerupai dukuh dengan ukurannya yang lebih kecil. 

banner 970x90

“Saya menanam pohon kokosan ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa di Desa Bojongkokosan dulunya banyak pohon jenis ini,” kata bupati .

Di Bojongkokosan, ujar Marwan, dulu para pejuang mempertaruhkan jiwa dan raga untuk mengusir Belanda dan antek-anteknya dari Bumi Pertiwi. Selain itu, dengan penanaman pohon kokosan, masyarakat akan memahami kaitan nama desa tersebut dengan jenis pohon yang banyak tumbuh di wilayah tersebut.

Selain penanaman pohon, bupati juga mengisi kegiatan dengan pembagian santunan kepada anak yatim dan nonton bareng film dokumenter perjuangan para pahlawan dalam peristiwa Palagan Bojongkokosan pada bulan Desember 1945. Kegiatan dilanjutkan dengan nonton bareng pertandingan Persib melawan Bhayangkara FC.

Pada acara itu hadir para penggiat komunitas dari berbagai bidang seperti motor Tiger club, komunitas lingkungan hidup, relawan sekolah, Viking, dan komunitas peduli pendidikan. Tampak pula ratusan anak yatim dari berbagai panti asuhan.

Para pejabat dan tokoh daerah yang hadir antara lain Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi, Dody Rukman Medianto; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dadang Budiman; Muspika Parungkuda; Kabag Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfosan, Herdy Somantri; dan Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, HU. Ruyani. 

Di tempat yang sama, Kepala Badan Kesbangpol Dodi Rukman mengatakan, acara tersebut dapat terselenggara berkat kekompakan komunitas-komunitas yang aktif dan eksis di Sukabumi. Pemkab Sukabumi, ujar Dodi, menyambut kegiatan sosial yang disertai pembagian santunan untuk anak yatim tersebut.

“Saya mengharapkan komunitas-komunitas yang lain dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini,” tutur Dodi.

Salah satu pengurus komunitas Tiger Club, Roy menyampaikan terima kasih kepada

Bupati Sukabumi yang telah menyempatkan waktu untuk menghadiri acara tersebut. Sebagai klub yang anggotanya sering berkumpul di Palagan Bojongkokosan, komunitas Tiger kagum terhadap kegiatan sosial tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email