APKASI Siap Menyambut New Normal

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri, kedua dari depan) bersama para kepala perangkat daerah ketika mengikuti halal bihalal APKASI dan APEKSI yang dilangsungkan secara virtual.

Wartawan Nanang Setiana

Seluruh anggota Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) siap menyambut pemberlakuan new normal di tengah pandemi Covid-19. Pada pola hidup tersebut, masyarakat harus mentaati protokol kesehatan antara lain tetap mengenakan masker, menjaga jarak, rutin mengecek suhu tubuh, dan rajin mencuci tangan.

banner 970x90

Hal itu disampaikan  Ketua Umum APKASI Abdullah Azwar Anas ketika menyampaikan sambutan pada acara halal bihalal gabungan APKASI dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang diselenggarakan secara virtual menggunakan fasilitas video conference, Sabtu (30/5/2020).

“New normal adalah situasi baru yang harus diikuti. Karena itu APKASI harus menyambut pemberlakuan pola hidup di tengah wabah Covid-19 tersebut,” kata Azwar.

Bupati Banyuwangi, Jawa Timur ini mengatakan, saat ini seluruh pemimpin di dunia sedang menghadapi ujian dari Virus Corona. Tidak ada pemimpin, baik presiden, gubernur, maupun bupati/wali kota yang tidak memikirkan langkah-langkah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Pemimpin saat ini perlu kesabaran, tabah sekaligus mampu berpikir strategis untuk mengentaskan masalah terkait Covid-19,” ujar Azwar.

Acara halal bihalal gabungan itu dirangkaikan dengan tasyakuran dalam rangka memeringati 20 tahun berdirinya APKASI dan APEKSI. Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami termasuk salah satu peserta kegiatan halal bihalal yang mengikutinya dari Pendopo Sukabumi.  

Pada kesempatan itu, Marwan menyampaikan selamat hari jadi ke-20 APKASI dan APEKSI. Kedua organisasi ini, kata dia, bisa dikatakan kembar karena hari kelahirannya hanya berselisih 5 hari. APEKSI lahir lebih dulu yakni tanggal 25 Mei 2000, kemudian menyusul APKASI pada 30 Mei 2000.

“Semoga APKASI dan APEKSI bisa semakin maju ke depannya dan menjadi bagian penting dalam proses percepatan pembangunan nasional,” ujar Marwan.

Walaupun diperingati secara virtual, ujar Marwan, peringatan hari jadi ke-20 APKASI dan APEKSI tetap disertai semangat silaturahmi di antara para peserta. Semua anggota asosiasi bersepakat untuk menjaga semangat dalam perjuangan menangani Covid-19. (*)

Print Friendly, PDF & Email