Dinkes Operasikan Pos Kesehatan Hingga H+7 Idul Fitri

oleh -
dr. Lulis Delawati

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi akan menyiagakan dan mengoperasikan pos kesehatan di sejumlah titik sejak H-7 sampai dengan H+7 Idul Fitri 1440 Hijriyah. Pos kesehatan tersebut akan diintegrasikan ke dalam pos pengamanan yang diselenggarakan oleh tim gabungan dengan leading sector kepolisian.

“Keberadaan pos kesehatan ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pos pengamanan. Di situ ada pos pengamanan, di tempat itu ada pos kesehatan,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Sukabumi, dr. Lulis Delawati kepada wartawan, Kamis (30/5/2019).

Pos-pos kesehatan itu ditempatkan di 9 titik mengikuti sebaran pos pengamanan. Petugas yang ditempatkan di pos kesehatan bertugas untuk membantu pemudik atau warga sekitar yang membutuhkan pertolongan medis secara darurat. Para petugas akan mengambil tindakan medis berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. 

“Jika perlu, petugas di pos kesehatan akan merekomendasikan tindakan medis lebih lanjut ke fasilitas kesehatan,” ujar Lulis.

Selain itu, Dinkes Kota Sukabumi juga memberlakukan pelayanan 24 jam di 15 puskesmas dengan sistem bergiliran jaga. Puskesmas yang akan memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam antara lain Puskesmas  Sukabumi, Puskesmas  Selabatu, Puskesmas  Baros, dan Puskesmas  Cipelang.

“Puskesmas-puskesmas tersebut beroperasi selama 24 jam dari H-7 sampai dengan H+7 Idul Fitri,” kata dia.

Kehadiran pos kesehatan dan puskesmas 24 jam menjelang dan sesudah Lebaran, lanjut Lulis, bertujuan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang kelelahan atau terserang penyakit tertentu. Para petugas juga disiagakan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.  

“Para petugas juga akan mengantisipasi terjadinya kejadian luar biasa seperti keracunan makanan. Biasanya saat Lebaran rentan terjadi serangan penyakit yang berkaitan dengan pencernaan,” tuturnya.  

Berdasarkan evaluasi tahun-tahun sebelumnya, keberadaan pos kesehatan maupun puskesmas 24 jam sangat membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis. (*)

Print Friendly, PDF & Email