Rapat Pleno Penghitungan Suara Selesai, Para Saksi Terima Hasil Pemilu

oleh -
Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara ketika memberikan keterangan pers seputar pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Sukabumi yang berjalan lancar dan aman.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Rapat pleno penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kota Sukabumi yang digelar di Gedung Juang selesai seluruh tahapannya pada Selasa (30/4/2019) dini hari. KPU Kota Sukabumi memulai rapat tersebut pada Senin (29/4/2019) pagi dengan penjagaan ketat dari aparat kepolisian dan TNI.   

banner 970x90

“Kami memastikan tidak ada intervensi maupun kepentingan apapun pada proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum 2019. Karena sejak penghitungan awal sampai dengan proses rekapitulasi pertama di tingkat PPK, kami sudah terbuka habis-habisan kepada peserta pemilu,” kata Komisioner KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara kepada wartawan setelah mengikuti rapat pleno.

Saat memberikan keterangan kepada wartawan, Agung tampil di depan publik bersama Ketua Bawaslu Kota Sukabumi, H. Ending Muhidin;  Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Susatyo Purnomo Condro; dan Dandim 0607, Letkol Kav. Mujahidin.

“Arahan kami kepada PPK sangat jelas yaitu harus mengakomodir dan bersikap seakomodatif mungkin kepada peserta pemilu. Salah satu tugas kami adalah melayani peserta pemilu dan masyarakat,” ujar dia.

Agung juga memastikan, semua saksi menerima hasil rekapitulasi penghitungan suara dan menandatangani dokumen hasil rapat pleno. Proses rapat berjalan dengan lancar tanpa disertai protes atau keberatan para saksi.

Dari rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Sukabumi itu diperoleh hasil peraihan suara untuk Pilpres yakni Pasangan Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin mendapatkan 61.835 suara dan Pasangan Prabowo Subianto-sandiaga Uno meraih 139.106 suara.

Adapun hasil Pileg dilihat dari perolehan kursi adalah Partai Gerindra 6 kursi, Partai Golkar 6 kursi, PKS 5 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PDI Perjuangan 4 kursi,  PAN 3 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PPP 2 kursi, dan Partai Hanura 1 kursi. (*)

Print Friendly, PDF & Email