Pjs Kades Pasirdoton Manfaatkan Jabatan untuk Membantu Warga Miskin

oleh -
M. Suparman

Wartawan Nanang Setiana

Jabatan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memberikan manfaat bagi orang banyak. Seperti halnya Pjs. Kepala Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, M. Suparman yang ingin membantu warga kurang mampu dari jabatan yang diembannya.

“Dengan menjadi penjabat sementara kepala desa, saya mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk membantu warga yang kurang mampu, khususnya yang tinggal di wilayah Desa Pasirdoton,” kata Suparman kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).

Dalam mengentaskan kemiskinan di Desa Pasirdoton, dirinya akan berupaya untuk mewujudkannya dengan kerja keras. Dengan jabatannya, Suparman akan memberikan dukungan penuh untuk membantu program pemerintah dalam upaya mengentaskan kemiskinan.

“Saya siap mengerahkan dan mencurahkan segala pikiran, tenaga, dan waktu untuk mensukseskan program pengentasan kemiskinan di wilayah Desa Pasirdoton,” tuturnya. 

Dirinya menjadi Pjs Kepala Desa Pasirdoton, lanjut Suparman, atas perintah atasan di Kantor Kecamatan Cidahu. Sebagai bawahan, Suparman harus selalu siap menjalankan perintah pimpinan. Sehari-hari, dia menjabat staf di Kantor Kecamatan Cidahu. Bagi PNS, kata dia, merupakan hal yang biasa menjalani mutasi, rotasi, atau memangku jabatan sementara.

“Selain akan membantu warga kurang mampu, saya juga akan berupaya untuk mewujudkan sumber daya manusia yang agamis dan berkarakter, memaksimalkan pembangunan infrastruktur yang merata dan menyeluruh, serta meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Pasirdoton,” kata dia.

Di kalangan para penggiat sosial dan warga Desa Pasirdotong yang sering datang ke kantor desa, sosok Suparman dikenal sebagai figur pejabat yang sederhana dan rendah hati. Suparman juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tidak heran, dia sangat teguh dan ulet dalam menjalankan tugas, terutama untuk membela warga yang kurang mampu.

Seorang warga Desa Pasirdotong menuturkan, Suparman juga memiliki kelebihan dalam menjalin berkomunikasi dengan masyarakat. Seringkali, Pjs Kades yang dikenal santun itu menggunakan cara pendekatan persuasif dalam menyelesaikan permasalahan dan mengkomunikasikan program pembangunan.

“Antara penjabat kepala desa dengan warga terjalin hubungan silaturahmi yang kokoh. Beliau selalu berkoordinasi dengan masyarakat untuk membahas program pembangunan dan kemajuan di desa,” kata warga tersebut. (*)

Print Friendly, PDF & Email