Bupati Hadiri Milangkala ke-2 Askar Pasundan di Selawangi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) bersama Pembina Askar Pasundan, Irjen Pol (Purn) H. Anton Charliyan pada acara Milangkala ke-2 Askar Pasundan di Sukaraja.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri Milangkala atau HUT ke-2 Paguyuban Ajakan Silaturahmi Kaum Remaja (Askar) Pasundan di Desa Selawangi, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (29/8/2020).

banner 970x90

Kegiatan Milangkala tersebut dihadiri Pembina Paguyuban Askar Pasundan Irjen Pol (Purn) H. Anton Charliyan. Acara dimeriahkan dengan prosesi penyambutan dan penampilan tarian tradisional dan lengser.

“Kami mengapresiasi kehadiran Paguyuban Askar Pasundan. Di usia yang kedua tahun, Paguyuban ini sudah berkembang dengan pesat,” kata bupati saat menyampaikan pidato ucapan selamat milangkala.

Fakatnya, Paguyuban Askar Pasundan telah memiliki 832 anggota dengan kepengurusan yang tersebar di 15 kecamatan se-Kabupaten Sukabumi.  Paguyuban ini terus meningkatkan kiprahnya dan menargetkan terbentuk pengurus di 47 kecamatan.

“Pencapaian bisa membentuk pengurus di 15 kecamatan dalam dua tahun sungguh luar biasa. Apalagi paguyuban ini mengedepankan unsur budaya,” ujar Marwan.

Bupati juga angkat jempol kepada warga Kecamatan Sukaraja yang antusias dan bersemangat dalam upaya melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional. Di kecamatan ini, seni tradisional dapat dirawat dan dilestarikan oleh warga.

“Perlu kebersamaan dalam memelihara kebudayaan di tengah perkembangan zaman. Bersyukur di Sukaraja para remaja dan pemuda sangat antusias belajar kebudayaan,” terangnya.

Budaya, lanjut dia, sudah terbukti bisa menjadi salah satu daya tarik sektor pariwisata. Selain menjadi ciri suatu daerah atau kawasan, budaya juga perlu dilestarikan untuk mendukung pengembangan pariwisata,” tuturnya. 

Di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, kemajuan pariwisata ditunjang dengan menggabungkan potensi keindahan alam dan potensi budaya. Di geopark terdapat tiga kampung adat yaitu Ciptamulya, Sinaresmi, dan Ciptagelar, kata Marwan. 

Dalam sambutannya itu Pembina Askar Pasundan, Irjen Pol (Purn) H. Anton Charliyan menyatakan, Askar Pasundan akan terus membina anggotanya yakni para remaja agar mereka bisa lebih eksis dan membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Askar ini bergerak di bidang pembinaan dan pelestarian budaya dan sosial sebagai nilai-nilai universal yang harus dilestarikan,” terangnya.

Di bidang sosial, Askar Pasundan, lanjut Anton, telah berhasil membina kelompok sosial hingga dapat meraih berbagai prestasi. Dalam kurun waktu dua tahun ini, Askar Pasundan berhasil membangun belasan rumah tidak layak huni. 

Di penghujung acara, Marwan menerima cinderamata dari Paguyuban Askar Pasundan. Selanjutnya, bupati penyerahkan piagam penghargaan kepada pelatih pencak silat dan serta memberikan bantuan sembako sebanyak 50 paket kepada yatim piatu dan jompo. (*)

Print Friendly, PDF & Email