Sekda Monitoring Pelaksanaan Protokol Kesehatan di Pasar Palabuhanratu

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri (tengah) dalam kunjungan inspeksi ke lahan di galangan kapal yang akan dijadikan ruang terbuka hijau.

Wartawan M. Ridwan

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri mendatangi beberapa tempat publik untuk monitoring ketaatan masyarakat terhadap aturan protokol kesehatan, Rabu (29/7/2020).

banner 970x90

Dalam kunjungan ke Pasar Palabuhanratu, Iyos memberikan hadiah kepada pengunjung yang dapat menjawab langsung pertanyaan seputar protokol kesehatan.

Lokasi yang didatangi Iyos yang sehari-hari menjabat Sekda Kabupaten Sukabumi selain pasar juga galangan kapal yang akan dijadikan RTH (ruang terbuka hijau).

Di dua tempat itu, selaku Ketua Harian GTPP Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Iyos memantau situasi dan kondisi terkait dengan pelaksanaan protokol kesehatan oleh masyarakat.

“Kami harus terus monitoring situasi dan kondisi sebagai bahan evaluasi bagi gugus tugas Covid-19,” kata Iyos ditemui di sela kunjungan ke Pasar Palabuhanratu.

Iyos menyatakan dirinya dapat bernapas lega karena di Pasar Palabuhanratu sebagian besar pedagang dan pengunjung menggunakan masker. Kepada pedagang dan pengunjung yang tidak memakai masker, Iyos memberikan pemahaman tentang pentingnya masker. Setelah itu dia memberikan masker kepada pengunjung yang tidak mengenakan alat pelindung diri (APD) tersebut.

Dia juga mengajukan beberapa pertanyaan kepada pengunjung pasar yang mengenakan masker. Pertanyaan yang diajukan seputar masker dan cara menjaga jarak. Mengapa Ibu mengenakan masker? Tanya Iyos kepada seorang pengunjung. Dijawab oleh pengunjung pasar tersebut, dia mengenakan masker karena sedang ada wabah Virus Corona.

Spontan Iyos pun menyerahkan hadiah berupa cenderamata yang terbungkus rapi. Kepada pengunjung yang lain sekda melontarkan pertanyaan tentang kegunaan menjaga jarak. Dia langsung memberikan hadiah kepada pengunjung pasar yang dapat menjawab pertanyaannya dengan benar.

“Alhamdulillah di Pasar Palabuhanratu, kesadaran pedagang dan pembeli dalam mentaati protokol kesehatan cukup tinggi. Sebagian besar warga mengenakan masker,” ujar Iyos.

Tidak henti-hentinya, kata dia, GTPP Covid-19 dan Pemkab Sukabumi mensosialisasikan protokol kesehatan yaitu kewajiban mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir, dan menjaga jarak ketika berada di tengah kerumunan orang kepada masyarakat.

Dari pasar, sekda bersama para pejabat yang mendampinginya menuju galangan kapal di dekat SPBU dermaga. Di tempat ini, Iyos meninjau lahan yang telah dibebaskan Pemkab Sukabumi untuk dijadikan RTH dan melihat-lihat situasi untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan oleh masyarakat. 

Pada kunjungan itu Iyos didampingi sejumlah pejabat daerah antara lain Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sukabumi Ardiana Trisna Wiana, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Dedi Chardiman, Kabag Tata Pemerintahan Gungun Gunardi, Camat Palabuhanratu Ahmad Syamsul Bahri, dan Lurah Palabuhanratu Deni Zulfan. (*)

Print Friendly, PDF & Email