Kantor Desa PDI Dibobol Maling, Kerugian Sekitar 15 Juta

oleh -
Di titik inilah, maling menggondol pesawat televisi dari kantor Desa PDI, Kecamatan Caringin.

Wartawan Saepul Alam

Kantor Desa Pasir Datar Indah (PDI), Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dibobol maling, (29/07/2020) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Akibat aksi maling itu, Pemdes PDI kehilangan sejumlah barang elektronik dan peralatan kerja kantor dengan kerugian mencapai sekitar Rp15 juta.

banner 970x90

Barang-barang yang lenyap digondol maling dari Kantor Desa PDI antara lain 1 unit televisi merk Panasonic, 2 unit monitor komputer, satu set komputer milik Gapoktan, 2 unit printer  merk Epson, 1 unit laptop merk Acer, dan 3 buah tabung gas 3 kilogram.

“Malingnya tidak memiliki spesialis, semua barang dibawa, sagala dirampid,” kata Kepala Desa PDI, Asep Sopyan ketika ditemui di kantornya.

Setelah diinventarisir dan dihitung dengan perkiraan paling dekat, kerugian yang dialami antara Rp14,7 juta hingga Rp15 juta. Kejadian yang menimpa kantor desa itu telah dilaporkan kepada Polsek Caringin.

Diperkirakan, maling masuk lewat bagian belakang bangunan desa. Mereka melewati jendela yang belum dipasangi teralis. Setelah berhasil melewati jendela, maling dengan leluasa masuk ke dalam ruangan dan menguras isi kantor desa.

“Kemalingan ini baru pertama kali terjadi selama saya menjabat kepala desa,” tuturnya.

Dia menduga, dalam kasus itu kemungkinan ada keterlibatan seseorang yang mengenal seluk-beluk lokasi dan keadaan kantor desa. Seseorang itulah yang menunjukkan jalan kepada para maling titik-titik lemah di kantor desa.  

“Untuk mengetahui siapa penunjuk jalan, polisi harus menangkap malingnya dulu,” ujar Asep.

Karena banyak alat yang hilang, kata Kades PDI, pelayanan di desa menjadi terganggu. Untuk itu dia minta maaf atas keterlambatan pelayanan akibat banyaknya alat kerja yang dibawa maling.  

“Tapi kami akan terus berusaha untuk melayani warga walaupun komputer dan printer hilang,” ungkap Asep. (*)

Print Friendly, PDF & Email