SDN Brawijaya Canangkan Program Shalat Subuh Berjamaah

oleh -
Kepala SDN Brawijaya, R Histato D Kobasah menyampaikan ceramah di hadapan para siswa dan orang tuanya masing-masing pada program shalat Subuh berjamaah.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

SDN Brawijaya, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi meluncurkan program unggulan shalat Subuh berjamaah di sekolah. Kegiatan ibadah ini akan dijadikan program unggulan oleh SDN Brawijaya yang dilaksanakan secara rutin bersama para orang tua, guru, dan para siswa.

banner 970x90

“Gerakan shalat Subuh berjamaah ini akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali. Dalam kegiatan ini kami akan melibatkan guru, warga sekolah, orang tua, dan siswa kelas IV, V, dan VI,” kata Kepala SDN Brawijaya, R Histato D Kobasah setelah mengikuti shalat Subuh berjamaah di sekolah yang dipimpinnya, Senin (29/7/2019).

Selama ini, ujar Histato, gerakan tersebut telah rutin dilaksanakan oleh ASN di lingkungan Pemkot Sukabumi. Guna mendukung tercapainya  visi Pemkot Sukabumi yakni mewujudkan kehidupan masyarakat dan kepemerintahan religius, nyaman dan sejahtera, kata dia, SDN Brawijaya membuat program serupa.

Dalam pelaksanaan program yang pertama, di halaman sekolah tampak para siswa beserta orang tuanya masing-masing dengan khusyuk mengikuti shalat Subuh. Mereka berdatangan ke sekolah sebelum adzan Subuh berkumandang di langit Sukabumi. Setelah shalat, para siswa dan para orang tua masih tetap bersemangat mengikuti ceramah yang disampaikan oleh kepala sekolah.

Ketika langit mulai terang, sebagian dari mereka tidak langsung pulang. Mereka ramai-ramai sarapan pagi bersama di halaman sekolah sehingga terjalin kekompakan dan hubungan silaturahmi yang semakin kuat, baik di antara para siswa maupun para orang tua. Para siswa dan orang tua itu membawa bekal masing-masing dari rumah.

“Saya bangga bercampur haru melihat respon para siswa dan orang tuanya masing-masing yang begitu antusias terhadap program ini. Bayangkan, tingkat kehadirannya 100 persen. Saya makin yakin program shalat Subuh berjamaah ini akan menjadi program unggulan di sekolah kami yang mendapat dukungan penuh dari para siswa dan orang tua,” ujar Histato.

Dari program yang diluncurkannya itu, Kepala SDN Brawijaya mengharapkan lahirnya generasi di masa depan yang bertawakal dan memegang teguh kejujuran berlandaskan iman dan takwa. Dengan shalat Subuh berjamaah, para siswa dibiasakan melaksanakan ibadah wajib dengan segala keutamaannya. Shalat Subuh lebih utama dilaksanakan secara berjamaah. (*)

Print Friendly, PDF & Email