Dipimpin Kades Haer, Cijengkol Alami Banyak Perbaikan

oleh -
Kepala Desa Cijengkol, Haer Suhermansyah menujukkan bagian jalan kabupaten di desanya yang mengalami kerusakan paling parah.

Wartawan Aep Saepudin

Kepemimpinan Kepala Desa Cijengkol,  Haer Suhermansyah mulai menunjukkan hasil dan kemajuan di bidang pemerintahan dan pembangunan. Kades yang wilayahnya berada di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi itu berhasil membangun berbagai infrastruktur dan penataan sistem administrasi pemerintahan.   

banner 970x90

Salah satu keberhasilan Haer selama dua tahun memimpin Cijengkol adalah dilaksanakannya pembangunan jalan kabupaten yang ada di desa tersebut. Dia juga sukses mendorong para pemuda yang tergabung di dalam KIM Ciber (Kelompok Informasi Masyarakat Cijengkol Bersatu) membuat aplikasi untuk memudahkan pelayanan bagi warga.

“Jalan kabupaten yang ada di desa kami sudah 13 tahun kondisinya rusak parah. Tahun ini mulai dibangun,” kata Haer ketika ditemui wartawan, Senin (29/7/2019).

Menurut Haer, sejak hari pertama menjabat kades pada tahun 2017, dia langsung mencanangkan pembangunan jalan kabupaten sebagai prioritas. Karena itu, Haer melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan program prioritas tersebut. Walaupun pembangunan jalan kabupaten itu tidak seluruhnya sepanjang 1,7 kilometer, Haer dan warga Cijengkol sangat bersyukur karena ada perhatian dari pemda.

“Sekarang panjang jalan yang dibangun baru 700 meter.  Saya mewakili warga Desa Cijengkol mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Sukabumi atas pembangunan jalan kabupaten tersebut,” ujar dia.

Secara khusus, Haer menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang telah merespon aspirasi masyarakat yang dipimpinnya. Dia yakin pembangunan jalan kabupaten di desanya dapat meningkatkan kegiatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Dengan dibangunnya jalan kabupaten,  masyarakat kami akan terbantu karena akses mereka ke pusat-pusat kegiatan perekonomian akan meningkat. Para petani, pedagang, pegawai, dan anak sekolah dapat menikmati kehadiran jalan kabupaten yang mulus dan bagus,” ujar dia.

Sementara kehadiran aplikasi untuk pelayanan yang dikembangkan oleh KIM Ciber, kata dia, itu sangat membantu masyarakat dalam pembuatan surat-surat atau dokumen kependudukan. Dalam implementasi aplikasinya, KIM Ciber didukung penuh oleh Kabid Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri.

“KIM Ciber dan aplikasi yang dikembangkannya mendapat apresiasi dari provinsi dan Kemendagri. Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri pernah berkunjung ke desa kami untuk mempelajari aplikasi yang dibuat KIM Ciber,” kata Haer. (*)

Print Friendly, PDF & Email