BPK Berikan Opini WTP Keenam Kalinya kepada Pemkot Sukabumi

oleh -
Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi (tengah) bersama Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami dan Ketua DPRD H. Kamal Suherman ketika mengikuti acara penyerahan LHP atas LKPD tahun 2019 yang dilangsungkan secara virtual.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2019 kepada Pemkot Sukabumi. Dengan peraihan WTP tersebut, Pemkot Sukabumi telah enam kali berturut-turut memperoleh nilai tertinggi dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) oleh BPK RI. 

banner 970x90

Pengumuman peraihan WTP itu disampaikan Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Arman Syifa pada acara penyeraham LHP atas LKPD tahun 2019 melalui video conference dari Bandung. Selain Kota Sukabumi, daerah yang menerima opini WTP terdiri dari Kabupaten Sukabumi, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bogor.

Pada acara itu, Wali Kota Sukabumi, H. Achmad Fahmi mengikutinya dari Balai Kota Sukabumi bersama Ketua DPRD H. Kamal Suherman, Wakil Wali Kota Sukabumi, H. Andri Setiawan Hamami, Sekda Dida Sembada, dan sejumlah kepala perangkat daerah.

Fahmi menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang telah bekerja dengan baik sehingga Pemkot Sukabumi dapat meraih opini WTP. Tanpa dukungan dari semua perangkat daerah, kata dia, tidak mungkin Pemkot Sukabumi bisa mempertahankan opini WTP sampai enam kali berturut-turut.

“Opini WTP menunjukkan bukti bahwa perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan APBD sejalan dan searah. Dengan demikian, masyarakat bisa menerima dan menikmati hasil pembangunan dengan maksimal,” ujar wali kota. 

Hendaknya, ujar dia, perolehan opini WTP dijadikan momen oleh seluruh perangkat daerah untuk tetap bersemangat dalam memperbaiki dan menyempurnakan perencanaan,  penganggaran, dan pelaksanaan sampai pertangungjawaban APBD,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email