Ribuan Bidan Siap Wujudkan Visi Sukabumi Lebih Baik

oleh -
Ketua IBI Kabupaten Sukabumi, Hj. Tia Fatimah memotong tumpeng ulang tahun pada peringatan HUT ke-68 IBI yang dihadiri Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (ketiga dari kiri).

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Ribuan bidan yang bernaung di bawah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sukabumi akan berdiri paling depan untuk mewujudkan visi Sukabumi lebih baik yang religius dan mandiri. Mereka  siap menyumbangkan ilmu, kemampuan, dan pengabdian untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

banner 970x90

Hal itu disampaikan Ketua IBI Kabupaten Sukabumi, Hj. Tia Fatimah pada acara peringatan HUT ke-45 IBI bertempat di Hotel Pangrango, Selabintana, Sukabumi, Sabtu (29/6/2019). Tia menegaskan, semua anggotanya mendukung penuh visi, misi, dan program Bupati Sukabumi, khususnya di sektor kesehatan.

“Kami para bidan menjadi bagian dari upaya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Sukabumi,” ujar Tia.

Peringatan HUT ke-68 IBI tingkat Kabupaten Sukabumi dihadiri Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami serta sejumlah pejabat daerah antara lain Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), H. Didi Supardi;  Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Nasrudin; Stap Ahli Bupati,  Ade Irawan; Sekretaris Dinkes, H. Harun Al-Rasyid; Dirut RSUD Sekarwangi, Albani Nasution; Kabid Peyanan Kesehatan Dinkes, H. Asep Suherman.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Bidan Melindungi Kesehatan Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi  Pelayanan Kebidanan”. Di tempat acara juga tampak Ketua IBI Provinsi Jabar,  Mimin Mintarsih.

Tia menyebutkan, anggota IBI Kabupaten Sukabumi yang jumlahnya mencapai  1.448 orang akan terus bernisergi dengan unsur pemerintah dan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Secara kontinyu dan berkelanjutan, IBI Kabupaten Sukabumi melakukan pembinaan terhadap anggotanya dalam rangka melahirkan para bidan profesional yang mengabdi dan melayani.

“Pada peringatan HUT ke-68 IBI ini, kami juga menggelar seminat tentang kebidanan dan penyerahan sertifikat kepada 44 orang bidan delima. Ada di antara bidan delima yang telah terstandarisasi,” tutur Tia.

Di tempat yang sama, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengatakan, peranan para bidan sangat penting dan strategis dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Keberhasilan pembangunan tidak diukur dari pembangunan infrastruktur semata, tetapi juga dari kesuksesan meningkatkan kesehatan masyarakat.

“Para bidan memegang peranan penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sebagai bagian dari proses pembangunan di daerah. Kami atas nama Pemkab Sukabumi mengucapkan selama ulang tahun kepada Ikatan Bidan Indonesia,” ujar bupati. (*)

Print Friendly, PDF & Email