Rapim Kowasi, Personel di Tingkat Pembantu Pimpinan Dirombak

oleh -
Suasana rapat pimpinan Kowasi yang dihadiri pengurus inti, pengurus korwil, dan anggota dari berbagai media cetak dan media online.

Wartawan Aep Saepudin (KOWASI)

Rapat pimpinan (Rapim) Komunitas Wartawan Sukabumi (Kowasi) yang digelar di Kantor Kowasi, Jalan Karangtengah, Lodaya, Cibadak, Sabtu (29/6/2019) diisi dengan dua agenda penting. Pertama perombakan pengurus untuk level unsur pembantu pimpinan dan agenda kedua pembahasan program-program unggulan korwil.

banner 720x90

“Perubahan pengurus tidak mengubah prinsip Kowasi sebagai  lembaga yang independen yang tetap menjalankan fungsi kontrol sosial dan penyampai informasi. Fungsi kontrol sosial akan dijalankan terkait dengan kinerja aparatur pemerintah dan secara umum di masyarakat,” kata Ketua DPP Kowasi, Yudi Suyudi dalam pembukaan rapat pimpinan.

Perubahan pengurus yang diputuskan pada rapim tersebut antara lain Wakil Ketua 2 yang asalnya dijabat Andreas diganti oleh Asep Arab. Alasan penggantian, Andreas sering sakit. Selanjutnya Humas 2 yang semua dijabat oleh Hani Sudrajat diganti oleh Unang. Hani mendapat tugas baru yang lebih penting sebagai tenaga khusus Ketua Umum DPP yang ditempatkan sebagai staf utama kesekretariatan.

Jabatan Wakil Sekjen dipercayakan kepada Ojem Jaenudin yang sebelumnya dipegang oleh Karim Ruspiandi. Dalam struktur yang baru, Karim naik jabatan menjadi Kepala Litbang Kowasi.

“Pergantian pengurus ini akan segera dikukuhkan di dalam perubahan akta notaris,” jelas Yudi.

Diharapkan Yudi, pengurus yang baru dapat menjadikan Kowasi sebagai organisasi wartawan yang profesional dan disegani di Sukabumi. Kowasi juga akan menjalin kemitraan dengan berbagai unsur pemerintahan dan masyarakat untuk meneguhkan peran dan fungsinya sebagaimana diatur di dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

banner 720x90

“Kami akan terus mendorong para anggota agar mereka dapat meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya sebagai insan pers. Bagaimanapun, kehadiran kami harus membawa manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” tuturnya.

Pada acara tersebut tampak hadir para pengurus dari berbagai korwil yakni Korwil Pajampangan, Korwil Palabuhanratu, dan Korwil Kota Sukabumi. Pajampangan diwakili Maulana Yusuf atau Ucup Kucir dan rekannya Irawan Dansek, sedangkan Kota Sukabumi diwakili Edy Silaban dan Siswadi Soewardi, dan dari Palabuhanratu diwakili Heryanto.

Dari DPP, hadir juga Sekjen Heri Setiawan dan Wakil Ketua Wahyu Humaedi. Ketiga korwil yang hadir menyampaikan program unggulannya masing-masing. Korwil Pajampangan menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah acara HUT ke-9 Kowasi, sedangkan Korwil Kota Sukabumi menyampaikan program  pra-UKW dan UKW yang bekerja sama dengan Pemkot dan Pemkab Sukabumi. (*)

Print Friendly, PDF & Email