Pengerasan Jalan di Caringin Hilir Penuhi Syarat dan Ketentuan dari Pemerintah

oleh -
Proyek pengerasan jalan desa di Kampung Caringin Hilir, Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan aturan-aturan dari pemerintah.

Wartawan Joko Samudro (SUROBOYO)

Kegiatan pengerasan jalan desa di Kampung Carigin Hilir RT 03 RW 01 Desa Caringin Kulon, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi dilaksanakan dengan mengacu pada semua syarat dan ketentuan dari pemerintah. Sebagai proyek yang didanai  anggaran dari Dana Desa (DD) tahap I tahun 2019, pelaksana kegiatan harus mentaati juklak dan juknis yang ditetapkan oleh pusat.

banner 970x90

“Kegiatan fisik yang dibiayai Dana Desa harus  mengikuti ketentuan dan aturan dalam penggunaan dana tersebut, termasuk pengerasan jalan di Kampung Caringin Hilir,” kata Kepala Desa Caringin Kulon, Alamsyah ketika ditemui di rumahnya, Sabtu (29/6/2019).

Ketentuan pertama menyangkut kewajiban memasang papan informasi proyek di lokasi kegiatan. Kewajiban ini dijalankan dengan baik oleh panitia pembangunan sehingga masyarakat bisa mengetahui volume dan anggaran yang disediakan.

Pada papan informasi proyek yang dipasang oleh panitia terpampang informasi yang menyebutkan, volume pengerasan jalan tersebut 250 meter dengan lebar 2,5 meter. Papan informasi juga menuliskan besaran dana yang dihabiskan yakni Rp46.097.000.

“Dengan adanya papan informasi, panitia pembangunan telah melaksanakan prinsip keterbukaan supaya masyarakat dapat melakukan pengawasan secara terbuka,” ujar Alamsyah.

Aturan kedua berisi keharusan pelaksanaan kegiatan secara swakelola yang  melibatkan masyarakat. Implementasi dari aturan ini, kata kades, bertujuan untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan.

Selanjutnya ketentuan yang mewajibkan panitia pembangunan memenuhi volume pekerjaan sesuai dengan bestek yang ditetapkan oleh pemerintah.

Dengan memenuhi ketiga aturan tersebut, ujar Alamsyah, kecil kemungkinan terjadi  penyimpangan dalam kegiatan pengerasan jalan di Kampung Caringin Hilir. (*)

Print Friendly, PDF & Email