Sapu Bersih Jalur Protokol, PMI Terjunkan Mobil Penyemprot Raksasa

oleh -
Mobil tangki yang dilengkapi alat penyemprot cairan berukuran besar menyusuri jalan nasional untuk menyemprotkan cairan disinfektan di sepanjang jalan nasional.

Wartawan Nanang Setiana

Pemkab Sukabumi dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Jabar dan PMI Kabupaten Sukabumi menggelar penyemprotan disinfektan secara besar-besar dengan mengerahkan gunner sprayer blower yang ditempelkan pada mobil tangki. Gerakan sanitasi itu mengambil lokasi sepanjang jalur protokol dari Cisaat, Cibadak, hingga Parungkuda.

banner 970x90

Tidak tanggung-tanggung, dalam gerakan penyemprotan tersebut, tim gabungan menghabiskan 30 ribu liter cairan disinfektan untuk kedua sisi jalan. Gerakan penyemprotan menggunakan gunner sprayer blower yang ditempelkan pada mobil tangki milik PMI.

Tim menyusuri jalan protokol untuk menyemprotkan cairan disinfektan ke segala penjuru daerah milik jalan. Selain itu tim menggunakan alat jet cleaner untuk membersihkan jalur jalan.

Rombongan penyemprot disinfektan gabungan itu dilepas oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami di depan Gedung PMI Kabupaten Sukabumi, Jalan KH. Ahmad Sanusi Nomor 9 Ciseureuh, Kecamatan Cisaat, Jumat (29/5/2020). Saat melepas tim penyemprotan, bupati mengatakan, kegiatan tersebut merupakan ikhtiar untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Pemkab Sukabumi tidak henti-hentinya melakukan upaya dan ikhtiar untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Kegiatan ini untuk melengkapi segala upaya yang kita lakukan untuk memutus mata rantai wabah,” ujar bupati.

Penyemprotan disinfektan, lanjut dia, tetap penting walaupun sering dilakukan oleh berbagai kalangan. Upaya mencegah penyebaran Virus Corona harus dilakukan secara bersama-sama mengingat wilayah Kabupaten Sukabumi sering dijadikan tempat perlintasan pergerakan manusia dari zona merah.  

“Untuk memutus mata rantai Covid-19 perlu komitmen bersama dengan menerapkan sikap  disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat,” kata Marwan.  

Keberhasilan dalam penanganan penyebaran Covid-19 sangat bergantung pada kepedulian semua kalangan. Dalam hal ini kepedulian masyarakat bisa diwujudkan dalam bentuk kebiasaan menjaga jarak, mengenakan masker, dan selalu mencuci tangan.

“Pandemi Virus Corona merupakan masalah  bersama. Semakin kita disiplin, kian cepat kita menangani Covid-19,” tuturnya.

Dalam kegiatan itu selain jajaran PMI juga dilibatkan relawan dari BPBD Kabupaten Sukabumi dan unsur relawan yang lainnya. 

Di tempat yang sama Ketua PMI Kabupaten Sukabumi, dr. Hondo Suwito menjelaskan, untuk menyapu jalan protokol dari Cisaat sampai Parungkuda, tim menggunakan mobil tangki yang ditempeli alat penyemprot raksasa dengan kapasitas 5.000 liter.

“Pada jarak tertentu, kami mengisi tangki dengan campuran air dengan disinfektan. Totalnya sekitar 30 ribu liter untuk menyemprot jalan protokol pergi dan pulang,” jelas Hondo.  

Rencananya, sepulang dari jalur Parungkuda, mobil tangki pembawa gunner sprayer bloser itu akan menyusuri jalan protokol ke arah Sukaraja. (*)

Print Friendly, PDF & Email