Bupati Cermati Proses Menjelang Tibanya 1 Mei

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan arahan dan pandangan di depan peserta pertemuan Lembaga Kerja Sama Tripartit tentang upaya pemda dalam mengatasi permasalahan perburuhan.

Wartawan USEP MULYANA (Kowasi)

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami memberikan perhatian khusus pada May Day atau Hari Buruh Internasional yang diperingati setiap 1 Mei. Dia mencermati dengan sungguh-sungguh proses dan dinamika yang terjadi menjelang tibanya May Day tersebut.

“Saya sendiri sedang mencermati proses menuju May Day supaya nantinya tahu apa yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah,” kata bupati dalam pertemuan Lembaga Kerja Sama Tripartit (LKST) Kabupaten Sukabumi bertempat di di Grand Yustik, Selabintana, Kecamatan Sukabumi, Kamis (28/3/2019).

Dari hasil pengamatan yang dilakukannya, Pemkab Sukabumi akan mengambil langkah-langkah agar peringatan May Day memberikan dampak positif terhadap  investasi maupun kondisi para buruh. Pertemuan LKST, lanjut bupati, harus bisa menjawab atau memberikan solusi atas berbagai permasalahan buruh yang terjadi saat ini.

“Dengan adanya pertemuan lembaga kerja sama ini, kita bisa secepatnya mengantisipasi persoalan yang terjadi terkait perburuhan atau investasi,” ujar dia.

Pemkab Sukabumi, kata Marwan, akan mengambil peluang-peluang dan memberikan ruang untuk membuka investasi baru. Mudah-mudahan, ujar dia, LKST dapat membantu dan berperan aktif dalam mewujudkan hal tersebut sesuai harapan dan keinginan masyarakat. 

LKST merupakan forum komunikasi dan konsultasi antara pemangku kepentingan tripartit yang terdiri dari serikat pekerja, pengusaha, dan pemerintah.

Melalui lembaga tersebut, ketiga unsur di dalamnya selalu berkomunikasi dan berkonsultasi untuk memberikan pertimbangan, saran, dan rekomendasi kepada pemerintah dan pihak-pihak terkait dalam merumuskan kebijakan ketenagakerjaan serta pemecahan masalahnya.

Pertemuan LKST mengusung tema upaya mengeliminasi gejolak ketenagakerjaan menghadapi perusahaan yang akan tutup serta dampak hubungan industrial yang terjadi. 

Dalam laporannya Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Hj. Lina Evelin Marlina menyampaikan, salah satu materi yang dibahas dalam pertemuan LKST adalah optimalisasi peran dan fungsi LKST  di perusahaan. Pada pertemuan itu, Disnakertrans mengundang 21 orang dari unsur pemerintah, unsur pengusaha diwakili Apindo, dan unsur serikat pekerja. (*)

Print Friendly, PDF & Email