Terdorong untuk Menghidupkan Kembali Tradisi ‘Sabilulungan’

oleh -
Bakang Anwar As'adi

Wartawan Dicky Sopyan

Dilihat dari namanya, Bakang Anwar As’adi mengemban amanat untuk mewujudkan nilai-nilai luhur agama Islam. Sebagai pemilik nama Bakang, dia juga memikul tanggung jawab untuk meletarikan budaya dan tradisi Sunda.

Kenyataannya dia memang ingin mewujudkan amanat yang terkandung pada namanya. Di tengah hirup pikuk perhelatan pilkades serentak 2019, Bakang ikut mendaftarkan diri untuk menjadi calon Kepala Desa Cipeundeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

“Salah satu keinginan saya dalam pencalonan ini adalah membangkitkan kembali kearifan lokal tradisi sabilulungan. Kita ingat ada lagu Sabilulungan ciptaan seniman kahot Mang Koko. Kalimat pembuka dari lagu itu, Sabilulungan dasar gotong royong,” kata Bakang ketika diwawancara wartawan, Senin (28/10/2019).

Sabilulungan, ujar dia, menujukkan  sifat silih rojong atau saling mendukung dan memperlihatkan persatuan yang tangguh. Dengan sabilulungan, masyarakat selalu sadia sajiwa dan segut singkil ngabasmi pasalingsingan atau memperkecil perbedaan dan menghilangkan salah paham.

“Kita tahu bahwa sabilulungan hirup sauyunan, sabilulungan silih pikahéman, sabilulungan tulung tinulungan, dan dengan sabibilulungan kita berada di tengah kondisi kukuhnya persatuan,” jelas Bakang.

Selain ingin mengembalikan sabilulungan dalah hirup kumbuh bermasyarakat, Bakang juga memiliki lima poin misi yang akan dijalankan jika kelak dia terpilih.

Kelima misi itu terdiri dari meningkatkan  pelayanan dan profesionalisme perangkat desa, mewujudkan sumber daya manusia yang agamis dan berkarakter, memaksimalkan pembangunan infrastuktur yang merata dan menyeluruh, meningkatkan pelayanan  kesehatan dan kualitas pendidikan, serta meningkatkan ekonomi masyarakat melalui bidang pertanian, nelayan, UKM, dan pengembangan pariwisata.

“Dari semua misi yang saya tawarkan itu, muaranya adalah mewujudkan visi Terwujudnya Desa Cipeundeuy yang Agamis, Maju, dan Sejahtera,” kata dia.

Bakang juga akan menggulirkan program transparansi dalam tata kelola administrasi pemerintahan dan pembangunan. Kemudian, dia juga ingin meningkatkan sistem pelayanan agar setiap warga dapat mengaksesnya dengan mudah dan cepat.

“Saya juga akan mengedepankan kejujuran, keadilan, dan transparansi dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan pemerintahan maupun masyarakat desa. Insya Allah saya tidak lupa janji-janji ini demi terwujudnya kemajuan masyarakat dan Desa Cipeundeuy,” ungkap dia. (*)

Print Friendly, PDF & Email