Peran Serta Masyarakat Syarat Program Air Bersih

oleh -
Bupati Sukabumi menandatangani prasasti bangunan infrastruktur dan sarana yang disediakan oleh program Pasimas di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Wartawan AEP SAEPUDIN

Salah satu syarat dari terselenggaranya program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pasimas) adalah peran serta dan partisipasi masyarakat. Tanpa peran serta masyarakat, program yang berasal dari pemerintah pusat untuk wilayah perdesaan dan pinggiran kota ini tidak dapat diwujudkan.

“Peran serta masyarakat dalam program Pasimas ini sangat penting. Masyarakat harus terlibat dalam pemeliharaan fasilitas yang disediakan oleh program ini seperti jaringan pipa dan tempat penampungan air,” kata Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami saat meresmikan fasilitas program Pasimas di Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Minggu (27/10/2019).

Edukasi untuk masyarakat pada program Pasimas, ujar bupati, difokuskan pada gerakan penghijauan dan pemeliharaan infrastruktur dan sarana. Dengan tingginya partisipasi masyarakat, kata bupati, prasarana dan sarana yang disediakan oleh program Pasimas akan lebih awet dan cakupan manfaatnya lebih luas.

Namun dari semua syarat yang harus dipenuhi, lanjut bupati, syarat utama yang harus dipenuhi adalah ketersediaan air. Dengan tersedianya air, program Pasimas bisa masuk yang nantinya dapat memenuhi sanitasi dasar dan kebutuhan air bersih di lokasi kegiatan. Program Pasimas berasal dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

“Program ini dapat dijadikan pengungkit bagi bangkitnya partisipasi masyarakat untuk pemeliharaan dan penambahan sarana dengan difasilitasi oleh pemda,” jelas bupati. (*)

Print Friendly, PDF & Email