Bupati Apresiasi Baznas Award pada Milad ke-19 Penegakan Syariat Islam

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyerahkan piagam Baznas Award 2020 kepada FKDT Cikembar.

Wartawan Aep Saepudin

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengapresiasi pemberian Baznas Award 2020 oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi. Menurut bupati, penghargaan  tersebut dapat mendorong masyarakat untuk berzakat. Baznas Award juga memotivasi para pengelola zakat di tingkat UPZ (Unit Pengumpul Zakat) untuk lebih meningkatkan penerapan transparansi.

banner 970x90

Apresiasi itu disampaikan bupati saat menghadiri Milad ke-19 Penegakan Syariat Islam (PSI) Kabupaten Sukabumi di Gedung Dakwah dan Islamic Center (GDIC) Cisaat, Jumat (28/8/2020). Salah satu kegiatan pada Milad PSI tersebut adalah penyerahan Baznas Award dan ekspos pengelolaan zakat, infak, sedekah (ZIS) oleh Baznas Kabupaten Sukabumi.  

“Baznas Award dan ekspos pengelolaan ZIS ini dalam mewujudkan transparansi yang bisa memotivasi masyarakat untuk berzakat. Pemda akan terus mendorong peningkatan mutu pengelolaan zakat,” kata bupati.

Penyerahan penghargaan dilakukan langsung oleh bupati Sukabumi. Para penerima Baznas Award terdiri dari UPZ di kecamatan-kecamatan Nagrak, Jampangtengah, Gegerbitung, Tegalbuleud, dan Warungkiara.

Selain itu Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Cikembar, FKDT Kalapanunggal,  dan UPZ Dinas Pendidikan. Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin meraih penghargaan selaku pembina UPZ terbaik.

Dalam pidatonya bupati menyampaikan, pelaksanaan Milad ke-19 PSI hendaknya dijadikan ajang untuk mempererat tali silaturahmi sekaligus menjadi momentum hijrah ke arah yang lebih baik. Dia mengingatkan, PSI merupakan tekad untuk melaksanakan syariat Islam secara utuh. 

Milad ke-19 PSI mengusung tema “meneguhkan komitmen PSI dalam bingkai NKRI menuju Kabupaten Sukabumi lebih baik, religius, dan mandiri”. Plt Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi, KH. U. Royani menjelaskan, tujuan Milad PSI adalah untuk meningkatkan semangat generasi penerus dalam menegakkan rukun Islam.

“Milad ke-19 PSI ini juga sebagai wahana evaluasi pelaksanaan PSI sejak 2002 untuk melihat pencapaian dan yang harus diwujudkan ke depan. Generasi hari ini harus melanjutkan perjuangan untuk Sukabumi lebih baik, religius dan mandiri,” ucap Ruyani. 

Adapun menyangkut ekspos pengelolaan ZIS dan penyerahan Baznas Award 2020, ujar dia,  tujuannya untuk meningkatkan tranparansi dalam tata kelola zakat. Di samping itu juga untuk memotivasi UPZ agar meningkatkan kinerja dalam mengelola dana ZIS agar kemanfaatanya dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada muzaki yang telah menyalurkan zakatnya. Dari tahun ke tahun dana ZIS di Kabupaten Sukabumi meningkat,” kata dia.

Pada kesempatan itu dilakukan pembacaan naskah deklarasi PSI. Adapun sebagai penutup acara adalah tausyiah dan doa yang disampaikan oleh Ketua MUI Kabupaten Sukabumi, Dr. KH.A. Komarudin, M.Ag. (*)

Print Friendly, PDF & Email