KTNA Targetkan Prestasi Lebih Tinggi pada HKP 2021

oleh -
Bupati Sukabumi meninjau stand produk pertanian pada acara tasyakuran dan peresmian Agromina Wisata di Desa Gunung Endut, Kecamatan Kalapanunggal.

Wartawan Usep Mulyana

Pengurus KTA (Kontak Tani Nelayan Andalan) Kabupaten Sukabumi mentargetkan prestasi yang lebih tinggi pada HKP (Hari Krida Pertanian) tahun 2021 yang diselenggarakan di Purwakarta. Kalau bisa menjadi juara kedua dan idealnya juara pertama. Tahun ini, kontingen Kabupaten Sukabumi  menjadi juara III pada HKP di Tasikmalaya.

banner 970x90

Target tersebut disampaikan Ketua KTNA Kabupaten Sukabumi, Edi Rahmat saat menyampaikan sambutan pada acara tasyakuran atas peraihan juara III pada HKP 2019 dan peresmian Agromina Wisata bertempat di Kelompok Tani Nurul Amal Blok Jayawangi, Desa Gunung, Endut Kecamatan Kalapanunggal, Selasa (27/8/2019).

“Prestasi yang diraih pada Hari Krida Pertanian di Tasikmalaya dapat ditingkatkan karena kita memiliki potensi pertanian yang sangat besar. Mudah-mudahan prestasi di Purwakarta nanti dapat lebih meningkat,” kata Edi.

Menurutnya, raihan juara ketiga oleh kontingen Kabupaten Sukabumi merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat dan pemda. Untuk mata lomba buah unggulan lokal pada HKP tersebut, kontingen Kabupaten Sukabumi mengandalkan buah manggis dan pisang ambon yang ditanam di kawasan Selabintana.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami yang membuka acara tasyakuran dengan pemukulan gong dan gunting pita untuk peresmian Agromina Wisata mengharapkan KTNA dan organisasi tani lainnya untuk terus bersemangat dalam kegiatan HKP. Keberhasilan kontingen Kabupaten Sukabumi di Tasikmalaya, kata dia, harus dijadikan pemacu untuk meningkatkan produk-produk pertanian.

Bupati juga memuji panitia tasyakuran yang berhasil mengumpulkan para petani dari berbagai organisasi. Menurut dia, kegiatan seperti itu dapat menjadi rutinitas sebagai media silaturahmi,  bertukar pikiran, dan berbagi pengalaman. Selain itu untuk memperbincangkan berbagai persoalan yang dihadapi para petani.

Pada kesempatan itu, bupati menyerahkan  sertifikat CPIB (Cara Pembenihan Ikan yang Baik) ke Pokdakan Sangkuriang Kalapanunggal, hasil  kegiatan P3K Minawisata kepada Poktan Nurul Amal sebagai pengelola Agromina Wisata, dan sertifikat penghargaan kepada peserta HKP, piala juara I cerdas cermat HKP Jawa Barat, dan juara I lomba keunggulan HKP Jawa Barat.

Di tempat yang sama, Camat Kalapanunggal Arif Solihin menyatakan rasa syukur atas dipilihnya Kalapanunggal sebagai tempat penyelenggaraan tasyakuran dan audensi kelompok tani. Dia juga menyebutkan, potensi pertanian di wilayah Kecamatan Kalapanunggal sangat besar sehingga dapat mendukung terwujudnya Kabupaten Sukabumi lebih baik. (*)

Print Friendly, PDF & Email