Distan Gulirkan Gerakan Percepatan Tanam Padi

oleh -
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami (kiri) secara simbolis menyerahkan bibit padi kepada kelompok tani pada pencanangan program percepatan olah tanah dan tanam padi tahun 2019 di Kabupaten Sukabumi.

Wartawan Usep Mulyana

Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Sukabumi menggulirkan gerakan percepatan olah tanah dan tanam padi tahun 2019. Program ini diarahkan Distan untuk mencapai target produksi pangan 2019 di Kabupaten Sukabumi, khususnya padi seperti yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. 

banner 970x90

Pencanangan program tersebut dipimpin oleh Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami di Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Rabu (28/8/2019). Pencanangan program ditandai dengan penanaman perdana padi masa tanam 2019. 

“Gerakan percepatan olah tanah dan tanam padi merupakan bagian terpenting dari upaya peningkatan produktivitas karena kita harus berpacu dengan waktu. Dengan adanya potensi lahan ditambah masih adanya air, mari kita optimalkan potensi dan peluang ini dengan melakukan percepatan olah tanah dan tanam sehingga sasaran produksi untuk mewujudkan kedaulatan pangan dapat kita capai,” kata bupati.

Pada tahun ini, ujar Marwan, Kabupaten Sukabumi diberi target luas tanam lebih dari 10.000 hektare setiap bulannya. Bupati mengajak seluruh petani agar mengoptimalkan penggunaan air di saat musim kemarau seperti sekarang ini.

“Saat ini kita sedang memasuki musim kemarau seiring dengan prediksi BMKG mungkin sampai bulan September 2019. Dalam penggunaan air,  gunakan metode gilir giring dengan melibatkan semua pihak,” ujar dia.

Pada acara itu, bupati menyerahkan piagam penghargaan kepada kelompok tani di Kecamatan Cikakak dan Pabuaran untuk berbagai kategori pencapaian peningkatan luas tambah tanam (LTT) padi. Marwan juga secara simbolis menyerahkan bibit padi kepada para ketua kelompok tani.

Di tempat yang sama Kepala Distan Kabupaten Sukabumi,  Ajat Sudrajat menyatakan apresiasi terhadap kerja luar biasa yang telah dilakukan para petani serta peran aktif dari semua stakeholder pertanian dalam program tersebut. Percepatan olah tanah dan tanam padi, kata dia, merupakan  pendampingan serta wujud nyata dan keberpihakan pemda terhadap upaya-upaya khusus pencapaian target peningkatan produksi pangan.

“Di bulan Agustus dan September kami menargetkan lebih dari 10.000 hektare luas tanam setiap bulannya,” ujar Sudrajat. 

Pada acara itu tampak hadir antara lain Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi, Letkol Arm Suyikno, Kepala Badan Karantina Pertanian Jawa Barat,  Asisten Sekda Kabupaten Sukabumi Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Bina Perekonomian, dan Camat Cikakak. (*) 

Print Friendly, PDF & Email