Manfaatkan Limbah Kayu, Milia Sofa Makin Berkibar

oleh -
Berbagai produk yang dipajang di Toko Mebel Milia Sofa selalu mengikuti model terbaru yang sedang tren dan digemari masyarakat.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Kehadiran pabrik dan Toko Mebel Milia Sofa yang terletak di Jalan Koleberes, Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi makin diterima masyarakat. Produksi dari pabrik furniture tersebut mulai dapat diterima oleh masyarakat dan keberadaannya kian berkibar di tengah persaingan pasar mebelair.

banner 970x90

“Kami belum besar, masih dalam tahap belajar, baru satu tahun. Dalam proses produksi, kami memanfaatkan limbah palet triplek kayu berkualitas tinggi,” kata pemilik Toko Mebel Milia Sofa, Usep  Abdullah (48) yanga akrab dipanggil  Klep ketika ditemui di pabriknya, Minggu (28/7/2019).

Walaupun hanya limbah, ujar Klep, bahan baku yang dipakainya memiliki kualitas tinggi karena berupa multiplex dengan tebal 3 cm.  Dibanding kayu kering kelas 2 atau kelas 3, multiplex tersebut jauh lebih bagus. Dia mendapatkan bahan-bahan bermutu prima itu dari  toko grosir  kaca di Jalan Pabuaran dan sebagian berasal dari bahan tidak terpakai dari kilang kayu di Jalan Koleberes.

“Kami memproses kayu-kayu tersebut dengan menyemprotkan obat anti rayap dan menjemurnya,” tutur Klep.

Dari pabriknya, Klep bisa menghasilkan sofa, bed sofa, kursi, dan kitchen set. Dia menawarkan harga barang yang terjangkau oleh masyarakat kebanyakan. Klep rajin berselancar di jagat maya untuk melihat model-model mebel terbaru yang digemari masyarakat. Dia pun tertarik untuk mengembangkan kursi dengan kaki kayu yang panjang atau disebut model retro.

Bahan baku yang digunakan oleh pabrik mebel Milia Sofa, walaupun limbah, dia memiliki kualitas yang tinggi dengan ketebalan yang lebih dari standar.

Dalam satu bulan, pabriknya bisa menghasilkan 5 sampai 6 kursi sofa. Dia dibantu 3 karyawannya. Dalam keterbatasannya, Sofa Milia dapat mempertahankan eksistensinya dan tetap memberikan kepuasan kepada para pembeli.

“Usaha kami belum besar, masih membutuhkan modal dan peralatan kerja. Kami terus berupaya untuk memuaskan para pembeli. Toko kami siap melayani pesanan barang dari pelanggan. Kami bersyukur karena sampai saat ini usaha kami masih dapat bertahan,” ungkapnya.

Lokasi Toko Meubel Milia Sofa di Jalan Koleberes cukup strategis karena merupakan jalur yang sangat ramai. Klep gencar memasarkan produknya lewat media sosial. Ke tokonya berdatangan para pelanggan atau pembeli baru yang membeli barang mebel sambil lewat. (*)

Print Friendly, PDF & Email