Kades PDI pun Ikut Membangun Rumah Janda Korban Kebakaran

oleh -
Kades PDI, Asep Sopyan (pakai topi koboy model Mexico pedalaman) mengkoordinir langsung pembangunan rumah Yayah, korban kebakaran di Kampung Cibodas RT 10 RW 03.

Wartawan Usep Mulyana

Kepala Desa PDI (Pasir Datar Indah), Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Asep Sopyan terjun langsung untuk membantu pembangunan rumah Yayah, janda beranak tiga yang menjadi korban kebekaran. Bersama warga, Asep bahu-membahu untuk mendirikan rumah Yayah yang habis dilalap api. Rumah tersebut terletak di  Kampung Cibodas RT 10 RW 03, Desa PDI.

banner 970x90

“Berdosa dunia akhirat bagi saya kalau hanya jadi penonton saja. Masalah Bu Yayah adalah tanggung jawab saya sebagai kepala desa. Saya tidak sendirian, ada ketua RT, tokoh masyarakat, pemuda, serta warga lainnya ikut membantu dengan sumber daya yang kami miliki. Kami ingin Bu Yayah punya rumah lagi dan bisa menjalani kehidupannya secara normal,” kata Asep kepada wartawan, Sabtu ( 27/7/2019 ) siang.

Diharapkan Asep, dalam tempo tidak terlalu lama, rumah yang dibangun warga itu dapat segera ditempati oleh Yayah dan ketiga anaknya.  Asep mengatakan, dia dan warganya tidak bisa berpangku tangan menyaksikan kesulitan yang dialami oleh keluarga Yayah.

BACA juga….

Bermalam di Rumah Nenek, Dua Bocah Selamat dari Amukan Si Jago Merah

Kegiatan gotong royong itu, kata Asep, merupakan pembelajaran juga bagi warga agar selalu peka terhadap nasib sesama. Musibah itu, tidak pernah pilih-pilih mangsa. Maka kejadian yang menimpa Yayah harus diambil hikmahnya agar warga selalu waspada jika hendak bepergian ke luar rumah atau meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. 

Pembangunan kembali rumah Yayan dibiayai dengan dana bantuan dari pemerintah dan sumbangan dari warga.  Baznas Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan sebesar Rp2 juta, PMI dan Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan berupa pakaian dan family kit. Warga beramai-ramai menyumbangkan materi dan tenaga secara suka rela. Ada juga warga yang menyumbangkan pikiran-pikiran briliannya. 

Rumah Yayah terbakar habis pada Rabu (24/7/2019) dini hari. Atas bantuan yang diterimanya, Yayah menyampaikan terima kasih kepada Kades Asep dan para tetangga.

“Saya sangat terharu dan bahagia atas kerja keras Pak Kades dan warga yang telah membantu keluarga kami yang tengah kesusahan. Kebaikan ini  tak akan kami lupakan sampai kapan pun,” tuturnya. (*)

Print Friendly, PDF & Email