Klub Putri Sukabumi Lahirkan Pesepak Bola Tingkat Nasional

oleh -
Klub Sepak Bola Putri Sukabumi menyelenggarakan latihan secara rutin untuk mendorong lahirnya atlet-atlet berkelas nasional dan internasional.

Wartawan Joko Samudro

Klub Putri Sukabumi bukan perkumpulan sepak bola biasa. Di bawah asuhan pelatih Faisal Ful Dwi Prana Putra atau lebih dikenal Coach Faisal, klub ini melahirkan atlet-atlet sepak bola yang berjaya di tingkat nasional. Sederet nama atlet yang melanglang ke pertandingan level dunia mewakili bangsa berasal dari Putri Sukabumi.  

banner 720x90

“Sampai hari ini klub Putri Sukabumi memiliki 20 pemain. Kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengembangkan bakat dan keterampilan agar prestasi mereka terus meningkat,” kata Coach Faisal di sela-sela latihan Putri Sukabumi di Lapang Sepak Bola Kebonjeruk, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Ahad (28/6/2020).

Klub Putri Sukabumi berdiri tahun 2014. Faisal dan jajaran pengurus klub terus memotivasi anggotanya untuk berprestasi di tingkat nasional dan dunia.

Di antara pemain Klub Putri Sukabumi, paling tidak  terdapat lima pemain yang masuk pesepak bola level nasional  yang mengharumkan dan mengangkat nama Kabupaten Sukabumi.

Kelima pemain dimaksud terdiri dari Ria Ristiani yang masuk Timnas Indonesia, Inka dan Rahma yang bergabung dengan Timnas Indonesia mengikuti kejuaraan di Thailand, Bimbi masuk liga 1 PS. Tira Kartini, dan Sela yang sedang bersiap-siap untuk mengikuti seleksi U-15 Timnas Indonesia. 

“Kami mengharapkan Pemerintah Kabupaten Sukabumi memberikan perhatian lebih kepada atlet-atlet sepak bola putri. Di Kabupaten Sukabumi banyak bakat sepak bola putri yang belum digali dan dikembangkan,” ujar Faisal.

banner 720x90

Bakat-bakat tersebut sudah terbawa sejak lahir dan tersalurkan ketika para atlet putri berbakat mengikuti barbagai pertandingan. Menurut dia, untuk mengoptimalkan dan mengkanalisasi bakat-bakat atlet sepak bola putri perlu sinergitas dari berbagai kalangan, termasuk pemda. Tinggal meningkatkan latihan dan menyertakan mereka pada pertandingan-pertandingan.

“Saat ini kami menghadapi masalah klise untuk melahirkan atlet-atlet sepak bola putri yakni keterbatasan prasarana dan sarana. Kedua kesulitan dana ketika akan menyertakan para atlet ke pertandingan tingkat nasional. Kami kira pemda dapat berperan untuk menyelesaikan kedua masalah tersebut,” tuturnya.

Faisal juga mengusulkan beasiswa dari pemda untuk atlet sepak bola Putri Sukabumi yang sudah meraih prestasi. 

Keseriusan dan kesungguhan dibarengi semangat yang tinggi merupakan kunci keberhasilan para pesepak bola Putri Sukabumi dalam meningkatkan kapasitas dan keterampilannya.

Di tempat yang sama salah satu punggawa klub sepak bola Putri Sukabumi, Sela menyampaikan permintaan doa dan restu dari masyarakat Kabupaten Sukabumi untuk dirinya yang akan mengikuti seleksi Timnas U-15. Dengan suara terbata-bata dan linangan air mata, Sela mengungkapkan keinginannya lolos seleksi agar bisa mengharumkan nama Indonesia serta mengangkat nama Kabupaten Sukabumi.

“Yang paling penting saya ingin mengangkat dan membantu kehidupan orang tua melalui sepak bola,” kata Sela.

Dia pun mengharapkan bisa bertemu dengan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami untuk meminta doa dan restu sebelum mengikuti seleksi Timnas Sepak Bola Putri U-15. (*)  

Print Friendly, PDF & Email