Cileungsing Manfaatkan Rezeki Nomplok BKK untuk Membangun Jalan Desa dan Irigasi

oleh -
Pengaspalan jalan di Desa Cileungsing, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi yang dibiayai oleh dana Bantuan Khusus Keuangan (BKK) dari Pemkab Sukabumi.

Wartawan Joko Samudro

Pemerintah Desa (Pemdes) Cileungsing, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi mendapat rezeki nomplok dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) dari Pemkab Sukabumi sebesar Rp100 juta. Oleh pemdes setempat, dana tersebut digunakan untuk mengaspal jalan dan membangun saluran air sebagai prasarana untuk menunjang perekonomian masyarakat.

banner 720x90

“Penyaluran dana BKK oleh Pemkab Sukabumi merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi Sukabumi lebih baik yaitu Sukabumi yang terus membangun mulai dari bawah. Dengan adanya BKK, desa-desa dapat melaksanakan pembangunan infrastruktur dengan lebih gencar,” kata Kepala Desa Cileungsing, H. Asep Achmad Subandi kepada wartawan, Ahad (28/6/2020).

Dana BKK, ujar dia, membawa berkah besar bagi masyarakat karena Desa Cileungsing dapat membangun jalan dan saluran air yang belum tertutup biayanya oleh Dana Desa atau dana dari pemerintah. Adanya dana tersebut menjadikan desa yang dipimpinnya dapat terus berbenah dan meningkatkan infrastruktur.

“Secara langsung, program BKK ini dapat meningkatkan perekonomian warga,” tutur Asep.

Sebagai penanggung jawab pembangunan, pemerintahan, dan pelayanan kepada masyarakat, Kades Asep tanpa mengenal lelah dengan perjuangan yang gigih terus mencari sumber-sumber dana untuk nmembangun desa. Dia juga tanpa henti memotivasi masyarakat dan perangkat desa untuk peduli dan terlibat aktif dalam pembangunan desa.

“Target kami Desa Cileungsing menjadi desa yang maju dan sejahtera serta menjadi contoh bagi desa-desa yang lainnya,” ucap dia.

banner 720x90

Jalan dan saluran air yang dibangun dengan dana dari BKK, lanjut Asep, dapat memberikan manfaat langsung terhadap kemajuan masyarakat, terutama para petani yang terbantu dalam pengiriman hasil panen dan sistem pengairan.

“Panjang saluran air mencapai 355 meter dari arah desa menuju lokasi PT Yanita,” kata Asep.

Kepala Desa Cileungsing H. Asep Achmad Subandi (kiri) ketika monitoring pembangunan yang dibiayai oleh dana dari BKK.

Sejak awal menjabat, Kades Asep dihadapkan dengan berbagai tantangan dan permasalahan yaitu kondisi jalan dan saluran air banyak yang rusak. Karena itu dia terus berjuang untuk mencari solusi dan sumber-sumber dana guna memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

“Kami atas nama seluruh masyarakat Desa Cileungsing mengucapkan terima kasih kepada Bupati Sukabumi, Bapak Haji Marwan Hamami yang telah mengucurkan BKK untuk meningkatkan infrastuktur di desa kami. Masyarakat dapat merasakan manfaat dari bantuan tersebut. Mudah-mudahan ke depannya desa kami mendapat dana BKK yang jumlahnya lebih besar,” kata dia. 

Di tempat terpisah Ketua Lembaga Aliansi Indonesia KGS, Kabupaten Sukabumi Pupung Puryanto menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Kepala Desa Cileungsing yang transparan dalam penggunaan anggaran, tidak ada yang ditutup-tutupi.

“Keterbukaan yang ditunjukkan Kades Cileungsing seperti itu harus dijadikan contoh oleh kepala desa yang lain untuk mewujudkan Sukabumi lebih baik sesuai dengan program Bupati Sukabumi,” kata Pupung. (*)

Print Friendly, PDF & Email