Akhir Pekan, Buper Villa Cantik Gelar Pertunjukan Wayang Golek

oleh -
Dalang calik Sudarma Mahawiratma dari lingkung seni wayang golek Gentra Darma Ciphta tampil rutin di Taman Wisata dan Buper Villa Cantik.

Wartawan Iyus Firdaus PWI

Pengelola Taman Wisata Bumi Perkemahan (Buper) Villa Cantik yang terletak di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi konsisten dalam upaya mempertahankan seni tradisional peninggalan nenek moyang. Setiap akhir pekan, tempat wisata dan buper ini menggelar pertunjukan wayang golek oleh dalang cilik Sudarma Mahawiratma dari lingkung seni Gentra Darma Ciphta.

banner 970x90

“Pertunjukan wayang golek tiap akhir pekan ini sudah berjalan sejak setahun yang lalu. Pengunjung yang datang ke Villa Cantik berasal dari berbagai rentang umur anak-anak hingga orang dewasa. Mereka mendapatkan hiburan gratis wayang golek tiap akhir pekan,” kata pemilik Taman Wisata Buper Villa Cantik, H. Dadang Kuswandi ketika ditemui wartawan, Minggu (28/6/2020).

Melalui program tersebut, tempat wisata miliknya ingin melestarikan dan mengembangkan seni wayang golek yang hampir punah di Sukabumi. Walaupun terbatas, Dadang memiliki gamelan yang merupakan bagian dari pertunjukan wayang golek dan dalang cilik binaan. 

“Sejak kecil saya gemar menonton wayang golek. Jadi saya terdorong untuk ikut melestarikan cabang seni tradisional ini,” tutur Dadang.

Dalam pertunjukan tersebut, dalang cilik Sudarma membawa cerita berdasarkan patokan wayang purwa yang artinya tidak terlalu terpaku pada pakem  Mahabarata dan Ramayana. Cerita yang dibawakan dikemas dengan sentuhan isu-isu masa kini dan humor yang menarik agar pentonton tidak merasa bosan.

“Ki Dalang menyampaikan pesan-pesan kekinian, misalnya tentang cara mencegah penyebaran Virus Corona. Dalam dialognya, tokoh wayang menjelaskan tentang keutamaan dan kegunaan memakai masker dan mencuci tangan dengan bahasa yang lugas dan dapat dimengerti semua penonton,” jelasnya.

Hal yang membuat Dadang merasa bangga, anak-anak sangat menikmati pertunjukan wayang golek di buper yang dikelolanya. Rasa optimis pun muncul, keinginannya untuk melestarikan seni wayang golek dapat terwujud.

“Anak-anak jangan fokus terus dengan gadgetnya, makanya kita kenalkan wayang golek kepada mereka,”ujar Dadang.

Buper Villa Cantik baru buka kembali sekitar tiga pekan lalu setelah hampir empat bulan ditutup karena wabah Covid-19. Setelah wabah, pengunjungnya masih sedikit, belum banyak pengunjung dari kalangan anak sekolah. Bumi perkemahan belum digunakan, baik oleh anak sekolah maupun pengunjung umum.  

“Para pengunjung hanya sekedar ingin menikmati keindahan alam sambil makan bersama atau botram bersama keluarga. Ada juga yang berenang,” ujar Dadang.

Sementara itu salah seorang pengunjung dari Bandung, Fatmawati mengatakan, keberadaan Buper Villa Cantik yang diketahui melalui media sosial membuat dirinya datang ke Kota Sukabumi bersama keluarga karena didorong rasa penasaran.

Menurut dia, suasana Buper Villa Cantik mirip dengan Lembang di Kabupaten Bandung Barat. “Udaranya sejuk karena banyak pohon rindang dan suasananya alami dengan adanya saluran sungai. Yang menarik ada pertunjukan wayang golek oleh dalang gilik. Anak-anak saya dan keluarga senang melihatnya,” katanya.

Lokasi Buper Villa Cantik bisa dijangkau dari arah Kelurahan Dayeuhluhur atau Kelurahan Benteng. Letaknya tidak terlalu jauh dari Perumahan Nirwana Graha. (*)

Print Friendly, PDF & Email