TNI Siap Membangun Akses Jalur Wisata Kadudampit-Selabintana

oleh -
Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyampaikan apresiasi atas kesiapan Dandim 0607 Letkol Kav Mujahidin (kiri) dan jajarannya untuk melaksanakan Karya Bhakti TNI dengan pembukaan jalur wisata baru di kawasan utara.

Wartawan Usep Mulyana (KOWASI)

Melalui program Karya Bhakti TNI, jajaran Kodim 0607 Kota Sukabumi beserta unsur TNI lainnya siap membangun jalur wisata yang menghubungan Kadudampit dengan Selabintana. Dengan pembangunan infrastruktur perhubungan tersebut, Kabupaten Sukabumi akan memiliki jalur baru pariwisata di kawasan utara.

banner 970x90

Pembangunan jalur wisata Kadudampit-Selabintana dilaksanakan tahun ini.  Panjang jalan yang akan dibangun mencapai 4,2 kilometer dengan lebar 16 meter. Jalan tersebut dapat menghubungkan dua kawasan yang memiliki potensi wisata wanawisata terbesar di kaki Gunung Gede Pangrango.

Rencana pembangunan jalur wisata tersebut dibahas pada rapat koordinasi (rakor) pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti TNI tahun 2019 bertempat di aula Pendopo Palabuhanratu, Kamis (27/6/2019). Rakor dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pelaksanaan pembukaan jalur wisata di sektor utara Kabupaten Sukabumi.

“Pembangunan jalan baru ini bertolak dari komitmen saya dengan Pak Bupati untuk menggali potensi wisata dengan membuka jalur wisata dari Kadudampit ke Selabintana,” kata  Dandim 0607 Kota Sukabumi, Letkol Kav Mujahidin pada pembukaan rakor.

Pengerjaan kegiatan pembukaan jalur wisata tersebut, ujar Dandim, akan dilaksanakan secara marathon agar penyelesaiannya efektif dan efisien.  Sebelumnya Letkol Mujahidin telah melakukan pembicaraan pertama dengan Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami tentang rencana itu yang dilanjutkan dengan  peninjauan dan survei ke lokasi.

Sementara itu di tempat yang sama, Sekda Kabupaten Sukabumi, H. Iyos Somantri menyampaikan apresiasi atas kesiapan jajaran TNI yang akan melaksanakan program Karya Bhakti TNI 2019 yang dikoordinasikan oleh Kodim 0607. Dia yakin, pembukaan jalur tersebut akan mendatangkan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Alhamdulillah, sekarang program pembukaan jalur wisata tersebut sudah mendekati tahap pelaksanaan,” ujar sekda.

Sekda menyebutkan bahwa pembukaan jalur wisata di wilayah utara akan mendukung pengembangan sektor pariwisata yang merupakan lokomotif pembangunan di Kabupaten Sukabumi. 

“Pak Bupati dan Pak Dandim sepakat untuk membuka sebuah zona di utara untuk pengembangan pariwisata. Nantinya sektor-sektor lain juga akan turut dikembangkan untuk mendukung konsep pariwisata ini,” tutur Iyos. (*)

Print Friendly, PDF & Email