Pengawas Pembangunan Jalan Harus Terapkan Protokol Kesehatan

oleh -
Salah satu kegiatan Bidang Bina Marga DPU Kabupaten Sukabumi dalam merawat dan memperbaiki jalan yang membutuhkan penanganan cepat.

Wartawan Aep Saepudin (Kowasi)

Menjelang dimulainya proyek-proyek jalan dan jembatan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi mengumpulkan para pengawas lapangan dari seluruh wilayah di Kantor Bidang Pengairan, Jalan Pelabuhan 2 Sukabumi, Kamis (28/5/2020). Bersama para pengawas, DPU menggelar rapat internal dan pengarahan.  

banner 970x90

Pada kegiatan itu, DPU membekali para pengawas dengan pengetahuan dan teknik kepengawasan bina marga untuk menghasilkan rancangan dan bangunan jalan dan jembatan yang kuat dan berkualitas sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan oleh pemerintah.   

“Para pengawas ini harus bekerja dengan maksimal dan tegas dalam menjalankan fungsinya agar pekerjaan jalan dan jembatan sesuai dengan ketentuan dari pemerintah dan harapan masyarakat. Karena itu para pengawas dikumpulkan untuk diberi pembekalan dan pengarahan,” kata Kabid Bina Marga DPU Kabupaten Sukabumi, H. Sambas, S.E. setelah memimpin rapat dengan para pengawas.

Para pengawas yang diundang hadir pada kegiatan pembekalan itu berasal dari 7 UPTD Pekerjaan Umum se-Kabupaten Sukabumi. Pengarahan tersebut, ujar Sambas, lebih ditekankan pada upaya DPU untuk meningkatkan kinerja para pengawas dikaitkan dengan perkembangan situasi saat ini yang masih diwarnai wabah Covid-19.

Dalam pengarahannya,  Kabid Bina Marga juga menekankan pentingnya para pengawas menerapkan protokol kesehatan selama menjalankan tugas. Sambas percaya para pengawas akan menjalankan tugasnya dengan baik sebagai ujung tombak yang menentukan kualitas pekerjaan di lapangan.

Selain itu para pengawas akan ikut mendukung upaya pencegahan penyebaran Virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan seperti selalu mengenakan masker, menjaga jarak, dan sering-sering mencuci tangan.

“Kami ingatkan ketika pekerjaan infrastruktur berkulitas baik,  hal itu akan mendukung pencapaian-pencapaian  pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik,” tutur dia. 

Setelah mengikuti rapat pengarahan, ujar Sambas, para pengawas harus langsung menjalankan tugasnya di wilayahnya masing-masing. Proyek-proyek kebinamargaan di Kabupaten Sukabumi mengalami pengurangan kegiatan karena sebagian anggarannya direalokasikan untuk program perecepatan penanganan Covid-19. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email