Larangan Berkunjung ke Objek Wisata, Sejak Awal Dispar Paling Cerewet

oleh -
Kepala Dispar Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani.

Wartawan M. Ridwan

Terkait larangan berkunjung ke seluruh objek wisata di Kabupaten Sukabumi, Dinas Pariwisata (Dispar) setempat paling awal dan cerewet menyuarakan hal tersebut. Sejak Indonesia dinyatakan terkena serangan Virus Corona, Pemkab Sukabumi melalui Dispar langsung menutup semua objek wisata yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi.

banner 970x90

Hal itu dikatakan Kepala Dispar Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani menanggapi tudingan dan tulisan miring yang menyudutkan perangkat daerah yang dipimpinnya di media sosial. Banyak tulisan menyatakan, Dispar Kabupaten Sukabumi tidak membuat pengumuman yang berisi larangan berkunjung ke objek wisata.

“Tulisan-tulisan bernada miring itu sama sekali tidak benar. Kami membuat pengumuan yang berisi larangan bagi masyarakat untuk datang ke tempat wisata. Pengumumannya tersebar di berbagai sudut di semua destinasi wisata,” kata Usman kepada wartawan, Kamis (28/5/2020).

Pengumuman larangan berkunjung ke objek wisata, ujar dia, dilakukan setelah Pemkab Sukabumi menutup semua objek wisata yang dikelola Dispar Kabupaten Sukabumi. Isi pengumumannya sangat jelas dan tegas, warga dilarang keras berkunjung ke objek wisata selama wabah Virus Corona.

Pengumuman larangan berkunjung ke berbagai objek wisata untuk mencegah penyebaran Virus Corona.  

“Kami memasang pengumuman tersebut di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat banyak orang. Bentuknya banner dan spanduk berukuran besar. Selain itu kami juga melayangkan surat kepada para camat yang isinya permintaan untuk menutup objek wisata di wilayah kecamatannya masing-masing,” tutur Usman.

Kebijakan yang diambil pemkab tersebut, kata dia, bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Di tempat wisata, orang-orang cenderung untuk berkerumun tanpa memperhatikan ketentuan menjaga jarak sesuai aturan protokol kesehatan.

“Larangan ini diberlakukan atas dasar rasa kasih dan sayang pemda kepada masyarakat. Pemda melakukan berbagai upaya untuk menjauhkan masyarakat dari sumber-sumber penularan Virus Corona,” ujar Usman.

Sebagai penanggung jawab pelaksanaan urusan pariwisata di Kabupaten Sukabumi, Usman mengimbau masyarakat untuk bisa menahan diri tidak berkunjung ke tempat wisata. Janganlah demi untuk kesenangan sesaat, masyarakat mengorbankan dan mengabaikan keselamatan keluarga dengan mendekati sumber penyebaran Virus Corona di tengah kumpulan orang banyak. (*)

Print Friendly, PDF & Email